Bosan dengan suasana kafe yang begitu begitu saja? Yuk, intip proses pembuatan ilustrasi kafe yang belum lama ini baru diselesaikan oleh tim IMURAL.

Ngopi makin asyik jika di dukung dengan suasana yang ciamik. Khususnya bagi pecinta kopi, coffeeshop bukan sekedar tempat nongkrong semata.

Tidak heran jika kini coffeeshop berlomba-lomba dalam menyuguhkan suasana yang nyaman. Seperti yang dilakukan oleh salah satu coffeeshop yang baru baru ini ingin launching yakni Spatula Cafe.

Dalam mempersiapkan dekorasi interiornya, IMURAL ikut berpartisipasi sebagai artis yang menciptakan ilustrasi desain mural yang akan diaplikasikan pada beberapa bagian dinding yang ada disana.

Terdapat empat bidang dinding dengan empat ilustrasi yang berbeda dan terdapat empat ilustrator juga dibalik pembuatan ilustrasi tersebut.

Penasaran seperti apa dan siapa dibalik desain ilustrasi coffeeshop yang keren dan kekinian untuk Spatula Cafe? Simak terus sampai habis.

Ilustrasi 3D, Bikin Orang Lupa Diri

ilustrasi kafe

Ada yang menarik dari dekorasi dinding yang diterapkan di Spatula Cafe yaitu tidak lain dan tidak bukan sebuah mural 3d.

Jika biasanya sebuah cafe menyuguhkan dekorasi interior mural namun Spatula Cafe sengaja menyiapkan spot foto yang membuat orang lupa diri.

Kenapa bisa lupa diri? Karena lukisan dinding yang satu ini menciptakan efek 3 dimensi yang menipu mata seolah olah nampak terlihat begitu nyata.

Ilustrasi yang satu ini merupakan opsi pertama yang dibuat oleh salah satu ilustrator IMURAL yaitu Reginald Manafe.

Seperti tempatnya, mural 3d ini memiliki konsep yang coffeeshop banget. Sebuah teko disertai cangkir yang berisikan kopi dengan penggunaan warna yang memberikan efek realis.

Goresan hitam tipis sebagai shadow yang terdapat pada mural 3d ikut membantu menyempurnakan efek 3 dimensi yang begitu nyata. Agar terlihat lebih sempurna terdapat beberapa objek lain yang digambar sebagai background.

Beberapa objek yang dipilih sebagai background pada opsi pertama ini yaitu 3 buah sangkar burung lengkap dengan burung nya dengan warna yang begitu indah.

Namun ada satu sangkar burung yang terbuka dimana burung nya sendiri terbang mendekati aroma kopi yang tertuang dari sebuah teko.

Desain Ilustrasi Fix

ilustrasi kafe mural 3d spatula

Opsi pertama tidak cukup memberikan kepuasan dan masih belum sesuai dengan apa yang diinginkan klien. Akhirnya dibuatlah opsi kedua yang menjadi desain fix untuk diaplikasikan pada dinding sebagai mural.

Yang berbeda disini antara ilustrasi yang dibuat pada opsi pertama dan kedua yaitu terletak pada background nya. Penggunaan background sangkar burung dirasa kurang cocok untuk melengkapi desain mural 3d.

Sehingga sangkar burung yang ada pada opsi pertama diganti dengan rak dinding yang terbuat dari kayu dengan di atasnya terdapat beberapa botol, cangkir dan beberapa bungkus biji kopi.

Untuk menciptakan lukisan 3d yang lebih dramatis diciptakan beberapa aksen yang sebelumnya tidak ada di  opsi pertama yaitu retakan dinding.

Dengan desain ilustrasi 3d ini pengunjung dapat berpose seolah sedang menuangkan kopi ataupun sedang memegang cangkir.

Ilustrasi Kafe Mural Line Art Hitam Putih

ilustrasi kafe mural hitam putih spatula coffee

Berbelok dari konsep ilustrasi yang pertama, untuk ilustrasi yang satu ini tentunya dapat menciptakan dekorasi interior yang kekinian.

Line art hitam putih menjadi salah satu pilihan yang tepat dan banyak digunakan pada beberapa coffeeshop pada umumnya. Karena selain mampu memberi warna yang berbeda pada sebuah dinding, ilustrasi dengan konsep yang satu ini menjadi media branding secara tidak langsung.

Selain mengenalkan beberapa menu yang disuguhkan melalui gambar line art juga terdapat nama brand dari coffeeshop.

Meskipun terlihat simpel namun dalam pembuatan ilustrasi yang dikerjakan oleh tim IMURAL yaitu Tri Yudhitya Putra dibuat dengan penuh dedikasi agar setiap goresannya tercipta sebuah gambar menu yang sesuai.

Lihat hasil akhir dalam bentuk mural disini.

Proses Pembuatan Ilustrasi Kafe

ilustrasi kafe mural line art spatula

Masih dengan konsep hitam putih, jika sebelumnya ilustrasi yang dibuat menggambarkan beberapa menu yang tersedia di Spatula Cafe di ilustrasi untuk bidang berikutnya yaitu sebuah proses pembuatan kopi.

Ilustrasi ini dipilih bertujuan agar mural yang diaplikasikan ini dapat memberikan edukasi bagi pengunjung yang datang. Jadi, tidak hanya menikmati secangkir kopi yang nikmat saja tapi juga mendapat ilmu baru terkait proses pembuatan kopi.

Ilustrasi ini dibuat dengan hati-hati dan melalui hati oleh tim IMURAL yaitu Siswanto agar menghasilkan sebuah karya yang sempurna.

Disamping mural proses pembuatan kopi, diaplikasikan juga sebuah mural yang hanya dipisahkan oleh pintu. Nah, untuk pembuatan ilustrasi mural pada dinding sebelah nya masih satu konsep agar terlihat rapih dan serasi.

Ilustrasi yang satu ini lebih berfokus pada quote dengan goresan tipografi berbagai variasi font. Agar proporsi ilustrasi ini semakin sempurna, ditambahkan beberapa ornamen seperti dua tangkai tanaman kopi juga beberapa garis agar komposisi nya semakin pas.

Ilustrasi Mural Tipografi

ilustrasi mural tipografi hitam putih spatula

Mengenalkan produk atau menu saja tidak cukup, yang terpenting yaitu bagaimana orang tahu dan mengingat brand kita. Nah, ada cara unik yang bisa Anda tiru dari Spatula Cafe ini yaitu mengaplikasikan mural dengan konsep desain nama brand Anda.

Papan nama atau baliho kurang menarik untuk itu mural bisa dijadikan pengganti papan nama tempat usaha Anda yang lebih menarik dan mudah dilirik.

Pembuatan konsep desain mural pun sangat penting disini dimana ilustrasi yang dibuat haruslah memicu orang untuk melihatnya.

Salah satu ilustrator IMURAL yaitu Dimas berhasil menciptakan sebuah ilustrasi tipografi bertuliskan Spatula Cafe dengan desain yang sederhana namun tetap manis dilihat dengan ornamen bunga berwarna merah muda. Anda bisa melihat hasil akhirnya dalam bentuk mural disini.

Dengan pemilihan warna yang berbeda pada bagian bunga dan daun menjadi poin utama untuk menarik perhatian dan menciptakan gambar yang tidak monoton serta sedap dipandang.

Bagaimana? Anda bisa membayangkan banyaknya pengunjung yang datang jika diaplikasikan beberapa ilustrasi kafe seperti ini dalam bentuk mural ditiap bidang dinding yang ada sebagai dekorasi interior kafe Anda.

Comment

  1. Karya muralnya bagus-bagus dan mengesankan, karena dibuat oleh ilustrator yang penuh bakat dengan konsep desain yamg matang. Maju terus buat Imural, teruslah berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *