Museum 3d kini semakin banyak diminati. Bisa Anda lihat semakin banyaknya museum 3d di berbagai kota besar yang menjadi spot wisata baru yang unik.

Tidak hanya museum 3d, berbagai tempat wisata lain pun kini banyak mengaplikasikan mural dengan efek 3 dimensi yang begitu nyata ini sebagai background photobooth dimana pengunjung dapat berfoto ria.

Selain pihak swasta, kini perusahaan milik pemerintah pun mulai tertarik pada bidang properti yang satu ini. Terbukti dengan adanya lebih dari satu museum 3d milik pemerintah.

Sebagai artis yang juga bergelut dalam pembuatan 3d trick art, IMURAL ikut berpartisipasi dalam pembuatan museum 3d yang dimiliki pemerintah tepatnya yaitu Pertamina.

Terdapat dua lokasi Pertamina yang mengaplikasikan mural 3d pada setiap bidang dinding kosongnya. Namun kali ini kami akan menjelaskan proses pembuatan ilustrasi dalam projek mural 3d di Palembang.

Proses Ilustrasi Mural 3D Pertamina Cirebon

Musuem 3d pertamina yang berlokasi di Palembang ini merupakan sebuah kantor yang dibuat sekaligus sebagai museum 3d. Beberapa bidang dinding dibuat lukisan 3d.

Berikut ini beberapa desain ilustrasi mural 3d yang tim IMURAL buat dalam projek museum 3d Pertamina Palembang.

Ilustrasi Mural 3D Pertamina Palembang (Bagian Depan) Opsi 1

ilustrasi mural 3d

Dalam pembuatan mural tentunya beberapa opsi telah disiapkan oleh IMURAL demi menyesuaikan kebutuhan, keinginan serta konsep dari suatu projek mural.

Kini, ilustrasi dari mural 3d Pertamina yang berada di palembang ini sudah berdiri sejak Januari 2018. Adanya museum tiga dimensi ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara PT Pertamina dengan tim IMURAL.

Berbeda dengan museum 3d lain, museum ini menggambarkan bagaimana lingkungan kerja serta proses kerja dari Pertamina yang tidak semua orang bisa mengetahuinya.

Pada museum ini ada ilustrator yang sebelumnya hendak dipakai atau dijadikan mural. Dengan konsep sebuah jalan menuju museum ditampilkan pula suasana jalan disekitar dengan adanya mobil yang menuju ke arah Anda.

Opsi 2 Ilustrasi Mural 3D Pertamina

ilustrasi mural 3d

Untuk menyambut para pengunjung yang datang , maka ditampilkan konsep yang menampilkan rute perjalanan menuju museum 3d Pertamina Palembang.

Hampir sama dengan sebelumnya yakni jalan menuju tempat Museum 3d Pertamina, namun yang berbeda yakni jalanan terlihat kosong dan tidak ada mobil.

Pada akhirnya dipilihlah mural dengan opsi yang ke dua untuk mengisi dinding 3d museum Pertamina Palembang. Dengan ruang yang lebih luas maka diharapkan para pengunjung mempunyai ruang berfoto yang lebih luas.

Baca Juga : Daftar Museum 3D Trick Art di Indonesia

Ilustrasi Mural 3d Pertamina Subsurface

ilustrasi mural 3d

Dalam museum 3d Pertamina Palembang juga menampilkan lukisan 3D di tembok dengan konsep Dinosaurus yang terlihat begitu nyata.

Mural 3d ini menggambarkan bagaimana suasana jaman purbakala yang mengisahkan kehidupan Dinosaurus. Kini, Anda dapat menikmati sensasi berfoto dengan Dinosaurus di Museum 3D Pertamina Palembang.

Seekor Dinosaurus besar dengan mulut menganga yang siap menerkam Anda saat Anda berfoto disini. Latar berupa gambar hutan belantara pun menambah kesan nyata dari mural 3D dinosaurus tersebut.

Mural 3D Dinosaurus yang tampak begitu realistis ini dikerjakan oleh tim IMURAL. Kesan realis ini dihasilkan karena efek pencahayaan dan gloss yang dibuat oleh tim ilustrator.

Desain Ilustrasi Mural 3D Tangki di Pertamina Palembang

ilustrasi mural 3d

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa gambar 3d yang diaplikasikan disini memberikan gambaran tentang lingkungan dan proses kerja di Pertamina.

Sehingga salah satu desain mural yang digunakan disini yaitu mural 3d yang menampilkan tangki yang berisi hasil dari pengeboran baik itu minyak dan gas yang dipisahkan diolah di dalam sistem tangki yang ada.

Yang sangat menarik adalah bagaimana tangki tersebut tampak seperti nyata, maka siapapun yang berfoto di area tersebut akan mengilustrasikan bahwa ia sedang berada di area pengeboran minyak milik Pertamina EP Asset 2.

Ilustrasi Gurita di Selfie Room Museum 3D Pertamina

ilustrasi mural 3d

Tidak hanya menampilkan berbagai lukisan dinding 3d yang mampu mengedukasi masyarakat yang datang tentang budaya dan lingkungan kerja di Pertamina.

Museum 3d Pertamina Asset 2 juga menyediakan spot foto khusus bagi Anda pecinta selfie yakni selfie room.

Pada Selfie Room ini menyediakan sebuah mural 3d seekor gurita raksasa yang nampak begitu menarik pengunjung dari kejauhan.

Sebuah ilustrasi gurita di selfie room museum 3d Pertamina ini tampak menarik. Gurita berwarna merah serta lengan-lengan panjang gurita yang menempel pada lantai sampai ke dinding dan juga meraih besi-besi untuk pegangan di dinding.

Gurita tersebut berusaha mengambil air di drum untuk menyiram tubuhnya, karena gurita tidak bisa hidup lama di darat. Lukisan nampak begitu realistis dengan penerangan dan real efek yang berhasil diciptakan.

Traveling Block

ilustrasi mural 3d

Lukisan 3d trick art yang dibuat oleh tim IMURAL, yakni dengan konsep tempat pengeboran, dengan real effect terlihat layaknya tempat pengeboran yang nyata.

Dibuatlah tempat traveling block yang ditempatkan diatas lantai bor untuk menggerakkan blok naik turun.

Efek nyata dirasakan karena lukisan dinding yang memperlihatkan pemandangan sekitar area pengeboran, telihat gunung pula atau area perbukitan, adapun tempat pengeboran lain dengan jarak tertentu.

Untuk menambah kesan realis ditampilkan pula jalan dan rumput. Dalam menghasilkan mural 3D, tentunya para ilustrator bekerjasama untuk menciptakan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Projek Jasa Mural Batam di Museum 3D Trick Art Yang Indonesia Banget

Miniatur Rig

ilustrasi mural 3d

Sebuah mural miniatur rig dibuat di salah satu sudut dinding di museum 3d Pertamina Palembang. Rig adalah suatu instalasi peralatan untuk melakukan pengeboran ke dalam bawah tanah untuk memperoleh air, minyak, atau gas bumi, atau deposit mineral bawah tanah.

Pada lukisan dinding 3d ini ditampilkan sebuah rig dari jarak yang jauh sehingga nampak seperti miniatur rig. Tak lupa ditampilkan pula pemandangan area sekitar pengeboran, tampak langit cerah dengan awan putih, serta pegunungan yang mengelilingi.

Beberapa desain ilustrasi di atas merupakan hasil goresan tangan salah satu ilustrator IMURAL yaitu Reginald Manafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *