Setelah kita membahas mengenai ilustrasi mural dengan konsep yang fun dan lucu di Banainai, kini kita beralih ke salah satu ilustrasi dalam projek mural untuk salah satu restoran China yaitu Emperor Place.

Emperor Place merupakan salah satu restoran China yang berlokasi di Jl. Mangga Besar, RT.6/RW.2, Kota Tua, Tangki, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta .

Pembuatan desain ilustrasi untuk mural di Emperor Place ini melalui beberapa tahap yang cukup panjang. Karena terjadi beberapa revisi dari pembuatan desain awal hingga akhir.

Jika Anda penasaran dengan hasil akhir dalam bentuk mural, Anda bisa melihatnya disini.

Proses Pembuatan Ilustrasi Mural Emperor Place

Salah satu desain yang banyak digunakan untuk dekorasi dinding restoran China tidak lain adalah beberapa karakter dengan berbagai aksesoris tradisional khas China.

Hal ini bertujuan untuk membangkitkan suasana khas China yang begitu kental. Sehingga tidak hanya menyantap makanan khas Cina tapi juga di dukung dengan suasana yang pas.

Meskipun sama-sama restoran China tentunya setiap owner memiliki selera dan konsep sendiri. Lalu, seperti apa proses pembuatan ilustrasi dalam projek Emperor Place?

Berikut ini beberapa tahap proses ilustrasi dari mulai tahap satu hingga hasil akhir yang dipilih.

Ilustrasi Mural Emperor Tahap 1 (Satu)

ilustrasi mural emperor

Dalam proses pembuatan mural dinding tak selalu lancar, seperti pada projek Emperor Place restoran China. Dalam pembuatan mural ini, terdapat proses revisi dari pihak klien.

Revisi ini adalah proses penyesuaian ide dan konsep IMURAL terhadap apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh klien yakni pihak Emperor Place.

Awalnya tim ilustrator IMURAL telah membuat desain gambar yang apik, menampilkan wanita cantik menggunakan kimono khas jepang berwarna merah lengkap beserta aksesoris  hiasan kepala dan kipas.

Dengan bakcground abu-abu dan adanya pohon-pohon berwarna putih membuat gambar nampak ramai,  adapun bunga sakura berwarna merah senada dengan warna baju kimono. Gambar mural yang ditampilkan memberikan kesan yang lebih feminim.

Namun, karena adanya revisi maka tim IMURAL mencoba membuat hal yang baru dan lebih baik tentunya.

Perubahan Ilustrasi Revisi 1 (Satu)

ilustrasi emperor

Setelah melalui proses revisi, pihak IMURAL kembali menyerahkan desain gambar mural. Dalam gambar tahap satu dan revisi satu terlihat perbedaan yang cukup mencolok, selain dari seorang karakter dengan penampilan yang berbeda, background pun berbeda.

Konsep mural ini adalah seorang wanita cantik dengan memakai mahkota, melambangkan seorang ratu. Ratu yang menawan, namun memiliki sisi lain dimana ia dikelilingi ular di badannya menimbulkan kesan berkuasa, dan sangat di segani.

Sedangkan untuk background nya sendiri masih menggunakan hiasan bunga sakura merah dan tetap menggunakan warna abu-abu.

Berbeda dengan gambar sebelumnya, pada gambar ini dihilangkan ornamen pohon-pohon berwarna putih. Background  abu-abu yang membuat fokus perhatian berpusat pada karakter.

Tak lupa juga huruf China ikut melengkapi mural yang nampak begitu elegan ini. Huruf kanji menjadi simbol yang menggambarkan bahwa tempat ini adalah restoran khas Cina.

Konsep mural ini sesuai dengan keinginan klien, maka tinggal tahap akhir agar membuat mural lebih keren.

Hasil Akhir Ilustrasi Mural Emperor Place

ilustrasi mural

Dalam tahap akhir, pembuatan desain mural Emperor Place hanya penambahan warna di bagian background dengan sapuan warna monochrome yang memberikan kesan menawan lebih menonjol.

Dari mural sendiri kesan yang ditonjolkan lebih kepada elegan dan menawan, pihak Emperor Place menginginkan restaurant nya lebih menciptakan kesan menawan dibandingkan kesan dari sisi feminim.

Pada dasarnya pembuatan mural tidak “asal” artinya butuh waktu dan proses untuk membuat sebuah mural, karena membuat karya mural tidak hanya menunjukan nilai estetika saja, namun juga sebuah pesan dan kesan yang ingin disampaikan kepada setiap orang yang meilhatnya.

Dalam pembuatan mural sendiri tim IMURAL selalu berusaha memberikan yang terbaik demi membuat pelanggan puas. Mulai dari penyerahan desain, proses penyesuaian konsep, sampai pada akhirnya mengeksekusi suatu projek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *