Semakin tinggi tingkat persaingan bisnis, harus semakin pintar kita memutar otak untuk menciptakan brand image yang membuat masyarakat selalu ingat dengan brand kita.

Apalagi untuk Anda yang baru memulai usaha. Tentu saja PR Anda adalah bagaimana caranya membuat orang-orang tahu dan kenal dengan brand Anda (Brand Awareness).

Salah satu langkah yang bisa Anda ambil yaitu beriklan. Saat ini berbagai media untuk beriklan semakin beragam.

Untuk itu Anda perlu tahu apa saja iklan yang ada sekarang dan benefitnya. Karena tempat beriklan tentu saja berpengaruh terhadap berhasil tidaknya tujuan brand Anda untuk mencapai target market Anda.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan fokus membahas dan membandingkan beriklan di TV (Televisi) dan beriklan dengan menggunakan Mural yang diaplikaskan dijalan.

Namun sebelum itu, kita lihat dulu pengertian Iklan dan jenis-jenis iklan.

Pengertian Iklan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian iklan yaitu pesan yang ditujukan kepada khalayak yang bersifat membujuk dengan tujuan agar tertarik terhadap barang dan atau jasa yang ditawarkan.

Setiap hari kita selalu disuguhkan berbagai macam iklan baik produk maupun jasa dari berbagai brand dan dari berbagai media.

Dari mulai koran, majalah, televisi, radio, banner di jalanan, bahkan kini merambah ke dunia digital seperti Youtube, sosial media seperti Instagram, Facebook dan kini yang sedang naik daun yaitu TikTok.

Untuk meningkatkan brand awareness, setiap perusahaan menggunakan iklan sebagai jalan jitu pada platform sesuai dengan kebutuhan dan target marketnya.

Selain memberitahu masyarakat mengenai brand nya tentu saja tujuan utama perusahaan yaitu meningkatkan selling.

Untuk itu, iklan saja tidak cukup jika konsep yang dipakai kurang menarik. Anda harus pintar menciptakan ide dan konsep iklan yang tidak biasa agar orang-orang tertarik melihat iklan Anda dan berikutnya tertarik dengan produk yang diiklankan tersebut.

Nah, sekarang mari kita lihat apa saja jenis-jenis iklan. Jika sudah mengetahui semua jenis-jenis iklan, dapat membantu Anda mengambil keputusan iklan mana yang paling cocok untuk Anda gunakan.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Terdapat tiga jenis iklan jika dilihat berdasarkan isinya, yaitu iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

Iklan penawaran (niaga)

Jenis iklan yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu jenis iklan penawaran atau niaga. 

Jenis iklan penawaran (niaga) ini merupakan jenis iklan yang menyampaikan pesan kepada khalayak mengenai produk berupa barang atau jasa dengan tujuan agar target konsumennya terdorong untuk membeli nya.

Contoh iklan penawaran barang yaitu seperti iklan makanan & minuman, pakaian, sepatu dan berbagai produk barang lainnya.

Sedangkan untuk iklan jasa contohnya yaitu iklan Gojek / Grab yang sering kita lihat di TV maupun media lainnya, jasa pengiriman barang dan lain sebagainya.

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang disampaikan kepada masyarakat umum yang berisi pesan, penjelasan dan pencerahan mengenai isu tertentu dengan tujuan agar masyarakat sadar mengenai isu tersebut.

Iklan layanan masyarakat biasanya bukan dari perusahaan melainkan instansi dan lembaga tertentu.

Contoh Iklan layanan masyarakat yaitu seperti himbauan mengenai pencegahan demam berdarah dengan melakukan 3M dari Dinas Kesehatan, iklan KB (Keluarga Berencana), iklan himbauan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran covid-19 dan lain sebagainya. 

Iklan pengumuman

Jenis iklan berdasarkan isi berikutnya yaitu iklan pengumuman. Iklan pengumuman yaitu iklan yang berisi pemberitahuan mengenai hal tertentu dan ditujukan untuk masyarakat tertentu. Contoh iklan pengumuman yaitu iklan mengenai event tertentu.

Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Berdasarkan medianya, jenis iklan terbagi menjadi empat jenis yaitu iklan cetak, iklan elektronik, iklan internet, dan iklan luar ruangan.

Iklan media cetak

koran, iklan media cetak
iklan media cetak

Jenis iklan berdasarkan medianya yang pertama yaitu iklan media cetak. Iklan media cetak merupakan iklan yang dibuat dalam bentuk cetak seperti iklan yang dimuat di koran, majalah, poster, baliho, buletin dan sebagainya.

Dalam pembuatan iklan media cetak ini terdapat beberapa aturan seperti tidak boleh melebihi kolom ikan yang tersedia, biasanya tidak lebih dari empat baris.

Iklan elektronik

iklan elektronik
iklan elektronik

Jenis iklan berdasarkan media berikutnya yaitu iklan elektronik. Dari kata yang dipakai bisa dilihat bahwa iklan elektronik merupakan iklan yang menggunakan media elektronik dalam penyampaian pesannya.

Contoh iklan elektronik yaitu sebagai berikut:

  • Iklan Radio yaitu iklan yang disampaikan melalui intonasi suara
  • Iklan Televisi (TV) yaitu iklan yang dalam penyampaian pesannya menggunakan video dan audio. Saat menikmati acara di Televisi tentu akan ada jeda yang menampilkan iklan berbagai produk.
  • Iklan layar yaitu iklan menggunakan media layar elektronik seperti yang terdapat di dalam transportasi umum seperti commuter line, bus, taksi, bahkan beberapa tempat seperti stasiun dan terminal

Iklan Internet

Di era sekarang, penggunaan internet sangatlah tinggi bahkan hampir setiap hari kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya internet.

Internet sudah menjadi bagian dari hidup kita yang tak bisa terpisahkan. Tentu saja internet dapat menjadi media yang cukup strategis untuk beriklan.

Iklan yang disampaikan melalui internet ini disebut dengan iklan internet. Contoh iklan internet yaitu beberapa iklan yang muncul saat kita membuka sebuah blog atau website tertentu.

Anda juga bisa menemukan iklan internet saat membuka sosial media, mesin pencari seperti Google dan sebagainya.

Iklan Luar Ruangan

baliho, iklan luar ruangan
iklan baliho

Jenis iklan berdasarkan medianya yang terakhir yaitu iklan luar ruangan. Iklan luar ruangan ini tentu saja iklan yang disampaikan pada media yang berada di luar ruangan.

Tujuan dari iklan ini yaitu untuk mencakup orang-orang yang berada di lingkungan luar rumah. Seperti pengguna jalan misalnya.

Beberapa contoh iklan luar ruangan yaitu beberapa pamflet, spanduk, baliho, iklan berjalan yang sering Anda jumpai di jalan.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuannya, iklan dibedakan menjadi dua yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

Iklan komersial (bisnis)

iklan komersial
iklan komersial

Iklan komersial merupakan iklan yang bertujuan untuk bisnis sehingga pesan yang disampaikannya pun lebih menonjolkan nilai atau keunggulan suatu produk agar terjadi ketertarikan untuk membeli produk tersebut.

Karena tujuan utama dari iklan komersial ini yaitu selain memperkenalkan produk juga tentunya meningkatkan penjualan produk tersebut.

Iklan komersial dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Iklan konsumen: Iklan komersial yang ditujukan kepada konsumen akhir agar konsumen ini tertarik untuk membeli dan menggunakan produknya.
  • Iklan bisnis: Iklan komersial yang bertujuan untuk menyasar mitra distributor atau penyalur produk agar tertarik menjadi relasi bisnis nya.
  • Iklan profesional: Iklan komersial yang ditujukan kepada para profesional dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

Banyak sekali contoh iklan komersial yang bisa Anda temui di kehidupan sehari-hari, karena sebagian besar iklan yang ada yaitu iklan yang bertujuan untuk bisnis.

Contohnya iklan produk makanan dan minuman, alat elektronik seperti kulkas, TV, dan smartphone dan masih banyak lagi.

Iklan non-komersial

iklan non komersial-iklan layanan masyarakat
Iklan Layanan Masyarakat

Berbanding terbalik dengan iklan komersial, iklan non-komersial merupakan iklan yang hanya bertujuan untuk menyampaikan pesan dan informasi dan tidak memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

Biasanya iklan non-komersial ini berisi pesan himbauan yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan bersifat mendidik kepada masyarakat akan isu-isu tertentu.

Iklan non-komersial dilakukan untuk kepentingan bersama. Agar masyarakat lebih aware terhadap isu yang disampaikan melalui iklan tersebut.

Dengan adanya wawasan yang disampaikan melalui iklan tersebut, masyarakat diharapkan dapat merubah sikap nya dalam menghadapi suatu isu sesuai petunjuk dan himbauan yang disampaikan dalam iklan tersebut.

Contoh iklan non-komersial yaitu iklan himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis iklan. Nah, sekarang mari kita masuk ke pembahasan utama dari artikel ini, yaitu perbandingan iklan TV dengan mural di jalan.

Iklan TV VS Mural Di Jalan

Dari sekian banyak jenis iklan, kali ini kita akan membandingkan iklan dengan media elektronik seperti televisi dengan mural yang diaplikasikan di jalan.

Sebelumnya, mungkin Anda bertanya-tanya, bisakah membuat iklan dengan media mural? Jelas jawabannya bisa sekali.

Di era persaingan bisnis yang semakin sengit ini, tentu saja Anda harus semakin cerdik dan penuh inovasi agar brand atau produk Anda diketahui bahkan digunakan banyak orang.

Sebelum orang menggunakan produk Anda, tentu saja orang harus tahu dulu mengenai produk Anda. Caranya yaitu dengan beriklan.

Mari kita bandingkan iklan pada media TV (Televisi) dengan media mural di jalan.Kira-kira mana yang paling memberikan keuntungan untuk Anda.

Iklan Melalui Media TV (Televisi)

iklan menggunakan media televisi
iklan melalui media televisi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iklan televisi merupakan salah satu contoh jenis iklan elektronik. Dimana dalam penyampaian pesannya melalui video dan audio.

Iklan televisi adalah sebuah serangkaian tayangan televisi yang dibuat dan dibayar oleh sebuah badan usaha untuk menyampaikan pesan, biasanya untuk memasarkan produk ataupun sekadar mengumumkan.(wikipedia)

Yang Diperlukan Untuk Iklan TV

Dalam beriklan dengan menggunakan media televisi, ada beberapa bahan iklan yang harus Anda siapkan tentunya, yaitu sebagai berikut:

  • Budget untuk membayar penayangan video iklan Anda di TV
  • Ide atau konsep iklan
  • Video
  • Audio

Manfaat Menggunakan Iklan di Televisi

Berikut ini beberapa manfaat beriklan di media televisi, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan brand awareness: Hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan televisi dan menonton berbagai acara yang ditayangkan di televisi. Penayangan video iklan Anda di televisi dapat meningkatkan brand awareness.
  • Bertambahnya konsumen baru: Jika pesan yang Anda sampaikan melalui iklan di televisi tersampaikan dengan baik dan menarik tentunya, masyarakat tidak hanya menjadi tahu bahkan tertarik untuk membeli.
  • Jangkauan lebih luas
  • Iklan berupa video apalagi dilihat secara terus menerus akan mudah diingat bahkan masyarakat bisa hafal dengan iklan Anda

Kelemahan Menggunakan Iklan Di Televisi

Selain memiliki beberapa manfaat di atas, beriklan dengan menggunakan media televisi juga memiliki beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut:

  • Butuh budget besar, tidak hanya untuk membayar kepada pihak stasiun televisi tapi juga untuk produksi video
  • Banyak masyarakat yang mengganti channel saat jeda iklan, itu berarti kemungkinan iklan Anda tidak dilihat sangat besar

Media Iklan Menggunakan Mural Di Jalan

mural iklan di jalan
Mural iklan di jalan

Media untuk beriklan kini semakin banyak, meski begitu Anda tidak harus menggunakan semua media tersebut. Karena selain membutuhkan budget yang tidak sedikit, tentu saja Anda harus menganalisa apakah media tersebut cocok untuk target market Anda.

Lalu, pernahkah Anda terpikirkan untuk menggunakan mural sebagai media untuk meningkatkan penjualan?

Nyatanya mural kini tidak hanya digunakan sebagai dekorasi dinding semata. Anda juga dapat memanfaatkan mural ini sebagai media untuk menyampaikan pesan mengenai produk Anda kepada target market.

Mural advertising yaitu iklan yang menggunakan media lukisan dinding baik berupa gambar maupun tulisan (tipografi) atau gabungan keduanya untuk memasarkan suatu barang atau jasa.

Yang Diperlukan Untuk Beriklan Menggunakan Mural di Jalan

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk beriklan menggunakan mural, yaitu sebagai berikut:

  • Ide atau konsep iklan
  • Dinding / space di jalan
  • Alat dan bahan melukis
  • Pelukis

Untuk membuat iklan menggunakan mural, Anda tidak perlu pusing. Anda bisa menghubungi tim kami. Cukup siapkan ide atau konsep yang ingin di angkat, tim kami akan merealisasikannya melalui gambar mural.

Manfaat Beriklan Menggunakan Mural

  • Menjangkau banyak orang khususnya pengguna jalan tersebut
  • Meningkatkan brand awareness, khususnya bagi Anda pendatang baru, tentu saja hal ini merupakan goals awal agar brand Anda banyak diketahui orang dahulu
  • Media gambar yang menarik perhatian memungkinkan iklan Anda tersampaikan kepada masyarakat khususnya yang melintasi jalan tersebut
  • Bertambahnya konsumen baru: orang yang rutin menggunakan jalan dimana mural tersebut dipasang, akan hafal brand Anda. Dan jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan produk tersebut, mereka akan membeli produk dari brand Anda karena brand Anda sudah teringat di memori mereka.
  • Beriklan dengan mural di jalan (yang Anda pilih tentunya) memungkinkan iklan Anda menyasar target market yang tepat.
  • Mural iklan yang dibuat bisa menjadi spot foto yang menarik. Makin banyak orang yang memotret yang menyebarkannya dapat membantu memperluas brand awareness

Kelemahan Beriklan Menggunakan Mural Di Jalan

Meskipun menawarkan manfaat yang cukup menarik, beriklan dengan menggunakan mural yang diaplikasikan di jalan memiliki kelemahan yaitu mural outdoor biasanya tingkat ketahanannya hanya 3 sampai 5 tahun. Namun jika Anda memiliki campaign baru, Anda bisa mengubah mural tersebut dengan konsep baru yang lebih fresh tentunya.

Tips Beriklan Dengan Mural Di Jalan

  • Buat konsep iklan dengan ide yang tidak biasa. Anda harus pintar menarik perhatian dan emosi masyarakat agar brand Anda melekat di otak mereka.
  • Anda bisa menggunakan berbagai hal yang relate sekali untuk masyarakat atau target market Anda sebagai konsep iklan yang Anda angkat.
  • Anda bisa menghubungi kami jika tertarik beriklan dengan menggunakan mural. Tim kami akan mengurus pembuatan mural serta pencarian media dinding yang kosong

Dari beberapa penjelasan mengenai iklan menggunakan media televisi dengan menggunakan mural yang diaplikasikan di jalan, Anda bisa membandingkan dan menimbang-nimbang mana iklan yang paling menguntungkan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *