Saat kita berkunjung ke Paris Prancis pastilah hal ikonik yang paling sering ingin dilihat adalah bangunan menara eiffel, lukisan monalisa, montmarte atau hal ikonik lainnya yang terdapat di kota paling terkenal di dunia itu.

Namun tahukah kalian jika Cina ternyata telah membuat  bangunan replika kota Paris yang dianggap setiap sudut dari bangunan tersebut 90% sama percis tingkat kemiripan nya dengan bangunan aslinya.

Project yang dibuat sekitar 5 tahun lamanya oleh  Zhejiang Guansha Co Ltd membuat para turis yang datang akan merasa kaget sekaligus takut bagaimana bisa ada dua bangunan yang mirip satu sama lain di dua negara yang berbeda.

Hal ini juga yang membuat ketertarikan Fotographer Prancis, Francois Prost mengunjungi kota “peniru” tersebut yang berada di Tianducheng Cina, Francois Prost menciptakan sebuah project serial yaitu “Paris Syndrome,” dimana akan mengundang  beberapa pemirsa untuk membandingkan kedua lokasi tersebut.

Kegiatan ini dibuat untuk meneliti seperti apa rasanya tinggal di kota yang didasarkan pada salah satu kota paling ikonik di dunia, Francois menemukan beberapa bangunan di Tianducheng China yang secara sadar dibuat meniru seperti gaya arsitektur di Negara Eropa tersebut.

Fenomena ini dikenal sebagai “duplitecture.” Hal ini juga akan membuat kita yang melihat hanya dari gambar saja menjadi sulit untuk dapat menemukan perbedaannya.

1. Menara Eiffel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Walaupun disekitar bangunan sama-sama dikelilingi oleh pepohonan yang rindang namun jika kita lihat secara lebih teliti lagi kedua bangunan tersebut dapat dibedakan.

Perbedaan tersebut dapat dilihat pada keberadaan pohon berbentuk kotak dan dua batu yang mengapit masing-masing berada di sisi kanan dan sisi kiri yang terdapat di Menara Eiffel “Tianducheng Cina”.

Sedangkan untuk bangunan Menara Eiffel “Paris Prancis” terdapat pohon-pohon kecil yang membentuk seperti segitiga, dan jika kita teliti lagi pada gambar Menara Eiffel yang terdapat di Paris lengkungan bawah bangunan lebih lebar dan tinggi.

Perlu untuk diketahui bahwa memang sekilas kedua bangunan dari Menara Eiffel tersebut tampak mirip, namun yang membedakannya adalah tinggi dari menaranya.

Replika Menara Eiffel di Tianducheng, Cina berukuran lebih kecil dibandingkan dengan yang asli dan juga Menara Eiffel replika tersebut ukurannya hanya sepertiganya saja dari bangunan Menara Eiffel yang di Paris, Prancis.

2. The Latona Fountain (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Air mancur Latona adalah hasil dari keinginan Louis XIV. Dia ingin di tengah-tengah taman nya sebuah air mancur yang menceritakan kisah masa kecil Apollo, dewa matahari yang dia pilih untuk lambang nya.

Dalam seminggu air mancur ini beroperasi tiga kali. Dalam pembangunannya, air mancur ini memiliki beberapa tahap renovasi dengan bentuk yang berbeda hingga bentuknya yang sekarang.

Pada 1667 air mancur ini berbentuk seekor Katak. Pada tahun 1668 air mancur ini mengalami perubahan menjadi Latona hingga 1670. Hingga pada akhirnya Latona dibentuk menghadap persis ke depan istana.

Dari 1687 hingga 1689, Jules Hardouin-Mansart menciptakan air mancur saat ini dengan memutar Latona dan menempatkannya di atas piramida marmer.

Jika kita lihat dari kedua gambar tersebut jika dilihat secara lebih teliti akan nampak perbedaannya yaitu jika di The Latona Fountain Tianducheng Cina bangunannya percis membelakangi tangga-tangga dan tembok yang bertuliskan huruf Cina.

Sedangkan jika dilihat The Latona Fountain “Paris Prancis” digambarkan Apollo sedang mengendarai kereta matahari nya, dengan penunggang meniup kulit kerang yang dikelilingi oleh empat kuda dan kadal-kadal air yang menandakan akan terbitnya matahari.

3. Menara Eiffel pada Malam Hari (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Dari gambar pada pemandangan Menara Eiffel di malam hari yang ada nampak jelas beberapa perbedaan yang jelas menonjol yaitu terdapat pada bagian paling atas Menara.

Yaitu jika dilihat di bagian atas Menara Eiffel Tianducheng Cina hanya terlihat lampu saja tetapi jika Menara Eiffel Paris Prancis pada bagian atasnya menyerupai lambang seperti “Salib”.

Untuk lampu-lampu yang menghiasi pada Menara Eiffel Tianducheng Cina jauh lebih banyak warna yang menerangi yaitu seperti warna ungu, hijau, biru, dan kuning.

Dan jika dilihat dari gambar secara dekat Menara Eiffel Paris Prancis jauh lebih asri karena terdapat beberapa pohon besar yang rindang dan rumput yang tertata rapi.

4. Jalanan Kota yag Terlihat Sama Namun Berbeda (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Untuk bangunan yang satu ini nampak tidak begitu terlihat sama dalam segi pembuatan bangunannya namun tetap mengusung konsep yang sama yaitu kafe yang terletak di tepi jalan.

Jika dilihat, bangunan di Tianducheng Cina sangat terlihat lebih asri karena di depan nya terdapat taman kecil dan juga menggantung beberapa jenis tanaman hias pada setiap lantainya.

Sedangkan pada jalanan kota Paris Prancis hanyalah jalanan besar yang digunakan untuk menjadi lalu lalang para pejalan kaki dan para pengendara mobil.

5. Fountain de I’Observatoire (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Jika dilihat sekilas bangunan Fountain de I’Observatoire terlihat sama, namun jika dilihat dari gambar mungkin yang dapat membedakannya adalah pemandangan di sekitarnya.

Pada Fountain de I’Observatoire Tianducheng Cina pemandangan sekitarnya adalah bangunan-bangunan rumah dan kafe namun masih juga terdapat beberapa pohon besar dan rindang.

Sedangkan pada bangunan Fountain de I’Observatoire Paris Prancis pemandangan yang dapat dilihat sepenuhnya adalah pohon-pohon besar yang membuat pemandangan menjadi asri serta disekitar bangunan terasa rindang.

6. Foto untuk dijadikan tempat pernikahan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Kota replika Paris ini sangat mendapatkan perhatian dari banyak pihak, terutama bagi pasangan yang akan membuat foto pernikahan seperti yang dilakukan oleh kedua pasangan yang terdapat pada foto ini.

Siapa sangka tempat pengambilan foto ini adalah di kedua tempat yang berbeda yaitu di Paris dan Cina.

Jika diperhatikan dari foto bahwa pasangan pengantin pria menggunakan tuxedo hitam dan putih sedangkan sang pengantin wanita menggunakan gaun pengantin putih melakukan foto dengan background belakang Menara Eiffel.

Namun Menara Eiffel ini bukanlah Eiffel yang berlokasi di Paris melainkan di Tianducheng Cina.

Berbeda dengan pasangan satunya dengan wanita yang membawa balon mengadakan sesi foto ini di Paris Prancis.

Perbedaan signifikan juga terlihat pada ukuran background Menara Eiffel yang terlihat kecil dan satunya hanya terlihat bagian bawah lingkaran Menara Eiffel yang terdapat di Menara Eiffel sungguhan di Paris Prancis.

7. Palace of Versailles (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Istana Versailles, atau sebutannya hanya Versailles adalah Chateau atau kerajaan yang berada di Versailles, Perancis.

Ketika Chateau dibangun dahulunya merupakan sebuah pedesaan dan, saat ini Istana ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979 lalu.

Namun bagaimana jika salah satu bangunan yang sangat bersejarah di kota Prancis ini terdapat bangunan replikanya juga di Tianducheng Cina.

Adakah perbedaan yang signifikan dari segi bangunannya ?

Jika kita perhatikan bangunan Versailles yang ada di Tianducheng Cina terlihat lebih seperti bangunan yang baru jadi karena warna cat nya masih terasa sangat baru dan juga arsitektur dari bangunan istana Versailles “Replika” tersebut terasa sangat sederhana.

Sedangkan bangunan Istana Versailles di Paris Prancis terlihat sangat lebih usang dan sangat memberikan kesan yang membuat bangunan semakin terasa bersejarah dan cat dari bangunan juga dibiarkan seperti bangunan yang masih unfinished.

Dan juga bangunan Istana Versailles di Paris Prancis diberikan pagar-pagar sebagai pelindung.

8. Pemandangan Jalanan Kota dari Atas Menara Eiffel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Jika kita lihat pemandangan yang ada dari atas Menara memang memperlihatkan jalanan kota.

Namun perbedaan signifikan yang nampak jelas terlihat pada pemandangan dari atas Menara Eiffel Tianducheng Cina. Disitu hanya menunjukan tingginya gedung dan bangunan-bangunan yang padat yang terdapat disekitar bangunan.

Dan disamping terdapat jalanan-jalanan yang biasa digunakan untuk melintas nya para pengendara.

Satu hal yang paling menonjol yang membedakan keduanya yaitu sebuah gunung yang berada dibelakang gedung.

Untuk pemandangan dari atas Menara Eiffel Paris Prancis sendiri hanya menunjukan pemandangan gedung, bangunan, dan jalanan kota yang Nampak ramai hanya terlihat beberapa pohon yang menyisakan rantingnya saja.

9. Patung “The Tinker” (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Patung yang terkenal dari hasil karya pemahat professional yang bernama Rodin salah satunya adalah “The Tinker” yang menjadi ikonik di kota Paris ternyata juga bisa kita temui di Tianducheng, Cina.

Namun perbedaan yang signifikan adalah dari posisi penempatan jika patung “The Tinker” di Cina nampak jelas pemandangan sekitarnya hanyalah pepohonan yang rindang.

Sedangkan patung “The Tinker” yang berada di kota asalnya yaitu Paris, Prancis diletakkan di sebuah pintu masuk menuju bangunan yaitu adalah bangunan The Gates of Hell alias purgatori.

Patung ini awalnya berdasar pada karya Dante yaitu The Divine Comedy. The Tinker awalnya adalah sebuah representasi dari seseorang yang tubuhnya disiksa, dengan jiwa yang nyaris terkutuk namun tetap menjadi seseorang yang memiliki pemikiran yang bebas yang sedang larut dengan pemikiran yang dalam untuk melampaui penderitaannya.

10. Penjual yang berfoto dibawah lengkungan Menara Eiffel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Walaupun sama-sama berfoto di spot yang sama yaitu dibawah lengkungan Menara Eiffel, namun dua orang ini berfoto di dua tempat yang berbeda.

Seorang wanita yang berjualan mainan anak-anak tersebut ternyata berfoto dibawah lengkungan Menara Eiffel yang berada di Tianducheng Cina.

Sedangkan seorang pria yang berjualan Souvenir khas kota Paris yaitu Menara Eiffel benar-benar berfoto disekitar kawasan Menara yaitu di Paris, Prancis dan dari kedua foto tersebut sangat jelas terlihat bahwa euphoria pengunjung yang mendatangi kawasan yang menjadi tempat wisata umum itu lebih banyak yang datang ke Menara yang berada di Paris, Prancis.

11. Bangunan Apartment (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Terlihat sama namun jika diperhatikan secara lebih jelas bahwa kedua bangunan ini dibangun ditempat yang berbeda, jika dilihat dari gambar perbedaan yang signifikan terasa sangat jelas dari pemandangan di lingkungan sekitar Apartment dan tampilan bangunan.

Sedangkan bangunan Apartment di Tianducheng Cina terlihat lingkungan sekitarnya sangat ramai oleh pengunjung dan penghuni dan juga masih terdapat rumput-rumput yang ditanam di depan bangunan tersebut.

Sedangkan pemandangan pada Apartment di Paris Prancis lebih terasa sepi karena mungkin jarang dilewati oleh pengunjung jadi memberikan kesan hunian yang tenang dan jika dilihat pemandangan didepan Apartment adalah jalan raya besar saja.

12. Pusat Perkotaan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Dari kedua foto mungkin kedua bangunan tersebut terletak pada pusat perkotaan dari masing-masing negara.

Walaupun terlihat sama namun perbedaan yang terlihat jelas dan signifikan adalah di Tianducheng Cina sangat sepi dari pengunjung walaupun itu adalah pusat kota.

Berbeda dengan pusat kota yang berada di Paris Prancis nampak terlihat jelas bahwa riuh nya pengunjung dan turis yang antusias untuk datang berkunjung.

13. Bangunan Ruko (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Bangunan ruko di Tianducheng Cina juga dibuat sangat mirip seperti bangunan ruko yang berada di Paris Prancis namun yang membuat berbeda adalah pada depan bangunan masih terdapat rumput hias yang berada didepan bangunan ruko yang berada di Tianducheng Cina.

Dan untuk bangunan ruko yang berada di Paris Prancis sangat terlihat elegan dan mengusung konsep klasik pada arsitekturnya.

Dari beberapa gambar dari foto bangunan tampak bangunan inilah yang paling tidak sama percis.

14. Bangunan Hotel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Fungsinya mungkin sama-sama bangunan hotel namun yang jelas menjadi perbedaan adalah gaya bangunan jika dilihat bangunan hotel yang berada di Tianducheng Cina bangunan atasnya nampak terlihat melengkung  setengah oval dan diluar bangunan masih terasa asri dengan rumput dan pohon-pohon yang mungkin sengaja dibiarkan tumbuh.

Sedangkan bangunan hotel yang berada di Paris Prancis tampak depannya hanya menunjukan pemandangan yang langsung jalan raya namun konsep klasiknya masih begitu terasa dari gaya bangunan hotel tersebut.

15. Air Mancur (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Walaupun menjadikan karakter yang sama pada kedua Air mancur tersebut namun lokasi penempatan keduanya berbeda yaitu jika pada gambar air mancur yang berada di atas yaitu terdapat di Tianducheng Cina sepertinya air mancur tersebut hanya diletakkan disebuah taman yang berada di jalanan kota.

Untuk air mancur di gambar bawah yaitu berada di Paris Prancis dan untuk tempat peletakkan nya  di taman Istana Versailles dan perbedaan lain yang membuat  signifikan adalah Air Mancur yang terletak di Istana Versailles “Paris Prancis” terdapat batu-batu kecil berbentuk kura-kura dan katak serta batu berbentuk bulat yang menjadi penyanggah jauh lebih tinggi dan elegan.

16. Lukisan Mona Lisa (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Tidak hanya menara dan bangunannya saja, tapi juga hiasan dinding seperti lukisan Mona Lisa pun dapat ditemui di kota Tianducheng Cina namun yang membuat berbeda adalah jika pada lukisan yang asli ukuran frame dibuat jauh lebih kecil dan jenjang yang berwarna silver dan digantung pada tembok berwarna putih.

Lukisan Mona Lisa replika yang berada di Tianducheng Cina frame dibuat lebar dengan berwarna hitam dan warna lukisan terlihat lebih monokrom dan digantung pada tembok bercorak.

17. Jalanan Kota (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Sama-sama memiliki konsep jalanan yang dekat dengan bangunan namun perbedaan yang terlihat jelas adalah dari gaya bangunan dengan konsep arsitektur yang berbeda.

Jalanan di Tianducheng Cina bukan hanya terlihat bangunan saja namun masih terlihat pepohonan dan rumput yang dibiarkan tumbuh sedangkan untuk jalanan dibagian tengahnya dipergunakan untuk para pejalan kaki.

Untuk jalanan kota di Paris Prancis dibuat terlihat lebih elegan dengan gaya bangunan yang masih memiliki kesan bersejarah.

18. Bangunan Kota (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Dari segi bentuk terkesan sama namun ada yang membuat berbeda yaitu dari jumlah lantai yang menjadi tingkatan bangunan jika bangunan di Tianducheng Cina memiliki enam tingkat berbeda dengan bangunan yang terdapat di Paris Prancis hanya memiliki empat tingkatan saja.

19. Lampu dan Patung di Jalanan Kota (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Sudah bukan menjadi hal asing lagi bahwa Paris memiliki beberapa karya dari seniman professional salah satunya adalah patung, sampai patung di padu-padankan dengan lampu di jalanan kota.

Begitu pula konsep yang diangkat di bangunan Tianducheng Cina walaupun sama-sama terdapat patung yang disatukan dengan lampu namun perbedaan yang sangat signifikan adalah pada jumlah patung dari masing-masing lampu.

20. Statue du Lion (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Patung dibuat sama-sama menunjukan sang tokoh sedang Bersama seekor singa namun yang menjadi perbedaan adalah, jika tokoh Bersama seekor singa pada patung buatan yang berada di Tianducheng Cina adalah sosok pria dewasa sedangkan di Paris Prancis tokoh yang digambarkan adalah sosok seorang  anak kecil pria.

21. Kereta Kencana (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Persamaan keduanya tidak begitu signifikan jika diperhatikan kereta kencana yang terdapat di Tianducheng Cina begitu terlihat elegan dan mewah dibalut dengan warna hitam dan terlihat seperti kereta kencana modern zaman sekarang.

Tetapi untuk kereta kencana yang terdapat di Paris Prancis masih terjaga kesan klasik dengan mengusung warna merah.

22. Lukisan Bersejarah (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Memang jika dilihat kedua tokoh yang ada pada gambar pertama lukisan terlihat sama namun gaya arsitektur yang terlihat pada ruangan terlihat sangat berbeda yang satu terlihat furniture terlihat lebih modern dan masih baru.

Sedangkan untuk gaya arsitektur ruangan di gambar kedua furniture yang digunakan  terlihat lebih kuno dan dengan sentuhan cat warna merah menambah nuansa yang lebih elegan dan memberi nuansa semakin mewah.

23. Pemandangan Menara Eiffel dari Kejauhan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Pemandangan yang diambil di Tianducheng Cina terlihat Menara Eiffel replica tersebut berada di sekitar sebuah bangunan seperti Apartment dan bangunan Menara Eiffel terlihat lebih pendek dan memberikan kesan yang dekat.

Namun jika Menara Eiffel sungguhan yang berada di Paris Prancis Nampak terlihat jauh dan bangunan Nampak berdampingan dengan Gedung bertingkat dan juga terlihat jalanan yang terlihat rapih sehingga memberikan kesan Kawasan modern.

24. Patung di Paris’s Louvre Museum (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Saat melihat kedua ikon patung pada kedua gambar jika dilihat terdapat perbedaan yang cukup jelas yaitu tokoh ikon terlihat jelas berbeda dan gaya dari tangan kedua tokoh  tersebut memiliki pose yang berbeda jika patung di Tianducheng Cina  satu tangan terlihat seperti diangkat ke atas dan patung di Paris Prancis kedua tangannya berada disamping untuk memegang kain.

Jika bisa dilihat secara teliti material yang digunakan berbeda terlihat patung di Tianducheng Cina menggunakan material cat berwarna putih dan patung di Paris Prancis mengusung konsep unfinish look.

25. Lingkungan Sekitar Taman di Versailles (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Pemandangan taman juga dibuat sedemikian sama namun pasti ada beberapa perbedaan yang terlihat seperti pepohonan yang menghiasi area taman di Tianducheng Cina lebih beragam sehingga memberikan kesan yang asri.

Untuk konsep taman di lingkungan Versailles pepohonan dan tanaman sangat sedikit namun jadi membuat area taman yang luas.

26. Menara Eiffel dan Jari Orang dewasa (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Dari segi ukuran memang kedua Menara Eiffel tersebut berbeda perbandingannya seperti 1:3 dan jika dibandingkan dengan jari ukuran orang dewasa ukuran Menara Eiffel di Tianducheng Cina terlihat ukurannya hanya setengah.

Berbeda dengan Menara Eiffel di kota aslinya yaitu Paris Prancis terlihat ukurannya sepenuh ukuran jari orang dewasa.

27. Lampu Penerang Jalan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Negara Cina memang dikenal sebagai Negara yang berhasil jika membuat sebuah barang replika sampai lampu penerang jalan yang berada di Paris Prancis dibuat serupa.

Namun tidak semua replika benar-benar menyerupai asli hal ini juga bisa dilihat bahwa ada perbedaan dari kedua bentuk lampu tersebut yaitu ukuran dari hiasan lampu dan jumlah hiasan lampu yang berbeda.

28. Taman dengan tampilan yang Terlihat Sama (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Terlihat sama karena kedua taman memiliki konsep yang berbeda dengan menampilkan pohon berbentuk segitiga namun lokasi keduanya terdapat di Negara yang berbeda.

Jika dilihat dari gambar pada bagian atas itu merupakan pemandangan taman yang berada di Tianducheng Cina bahwa pohon segitiga yang di tanam dalam jumlah sedikit.

Berbeda dengan gambar pada bagian bawah yaitu di Paris Prancis, pohon segitiga ditanam dengan jumlah banyak dan ditata secara teratur.

29. Pilar Dalam Ruangan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Terlihat sama karena bentuk dari lengkungan pada atas jendela dibuat sama, terlebih kaca-kaca pada jendela dibentuk sama-sama kotak.

Semakin mirip dengan adanya interior lampu-lampu gantung yang membuat kedua bangunan tersebut menjadi lebih elegan.

30. Kesamaan Konsep Pada Bangunan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Walaupun memiliki kesamaan konsep dari segi bentuk lengkungan pintu dan jendela yang dibuat sama yaitu berbentuk kotak.

Tetapi bangunan yang terdapat di Tianducheng Cina merupakan sebuah bangunan yang dijadikan tempat SPA dan KTV tersebut memiliki perbedaan yaitu terdapat pada jumlah pintu dan tingkatan bangunan.

Sedangkan untuk bangunan yang terlihat seperti sebuah toko di Paris Prancis bangunan menonjolkan batu-bata putih yang dipakai pada bagian luar bangunan.

31. Petugas Kebersihan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Mungkin persamaan yang ditonjolkan pada gambar ini adalah pada material bahan yang digunakan dan motif dari pakaian.

Namun jelas memiliki perbedaan dari segi warna, yang dimana jika seorang petugas kebersihan wanita di Tianducheng Cina menggunakan warna Pink dan untuk petugas kebersihan di Paris Prancis menggunakan warna Hijau muda dan Kuning.

32. Patung yang Mirip Dengan Patung yang Ada di Maillol au Jardin des Tuileries (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Jika kalian pernah mengunjungi Koota Paris Prancis pastinya sudah tidak asing lagi dengan patung tersebut, namun di Cina tepatnya di Tianducheng membuat patung replica yang terlihat seperti aslinya.

Tetapi tetap ada perbedaan diantara keduanya yaitu adalah warna dari cat yang digunakan pada kedua patung tersebut dan juga gaya yang dilakukan kedua tokoh patung tersebut sangat berbeda walaupun tokoh yang digunakan adalah sama-sama wanita.

33. Lorong Bangunan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Persamaan nya adalah kedua Lorong ruangan pada bangunan seperti gambar memang sama-sama menjadikan warna putih sebagai warna interior ruangan.

Namun pada bangunan Lorong di Tianducheng Cina terlihat lebih hangat karena terdapat warna emas dan menggunakan bahan bermaterial parket sebagai lantainya.

Sedangkan untuk bangunan Lorong di Paris Prancis banyak terdapat patung yang menjadi hiasannya dan untuk lantainya berwarna hitam putih dan bermaterial keramik.

34. Batu Jalanan (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Waduh sampai batu saja dibuat sangat mirip loh, memang sama-sama berbentuk bulat dan berada di jalan.

Tetapi ada perbedaannya juga ternyata yaitu adalah warna dari cat jika batu di Tianducheng Cina terlihat lebih putih dan kurang terawatt karena sudah ada goresan.

Namun untuk batu yang berada di jalanan kota Paris Prancis batu menggunakan cat bertema monokrom jadi terlihat seperti batu marmer yang mewah dan juga terkesan lebih terawat.

35. Orang Berpose disamping Menara Eiffel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Perbedaan yang terlihat jelas adalah pada gambar diatas menunjukan orang yang berbaju kuning lebih tinggi dari Menara tersebut dan bagian bawahnya adalah rumput-rumpt lading yang hijau.

Tetapi untuk Menara Eiffel yang berada di Paris Prancis menunjukan bahwa orang yang berbaju hitam sama tinggi dengan Menara Eiffel dan dari kejauhan Menara terlihat lebih kecil dan bagian bawahnya adalah aspal.

36. Anak Kecil Dengan Pose yang Sama (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Menggunakan anak kecil dengan pose yang sama namun ada perbedaannya ternyata, seperti terlihat anak kecil yang memakai sweater berwarana kuning berada di Tianducheng Cina sedang mengalami musim panas.

Lalu anak kecil yang memakai mantel tebal berwarna merah yang dimana situasi cuaca di Paris Prancis sedang memasuki musim dingin.

37. Pohon Hias Berbentuk Segitiga Berpose (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Memiliki kesamaan bentuk bukan berarti tidak ada perbedaannya, walupun sama-sama membentuk segitiga.

Tetapi yang membuat berbeda adalah kedua pohon di Tianducheng Cina lebih memiliki bentuk yang lebih kurang teratur berbeda dengan pohon yang berada di Paris Prancis potongan rumputnya lebih teratur dan benar-benar seperti bentuk segitiga.

38. Petugas Kebersihan Dengan Peralatan nya (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Masing-masing petugas kebersihan dari kedua gambar tersebut nampak sama-sama membawa peralatan kebersihan.

Perbedaannya adalah seorang petugas kebersihan yang digambarkan seorang wanita sedang membawa sapu lidi.

Sedangkan untuk sang petugas kebersihan pria membawa peralatan kebersihan berupa garukan besi.

39. Souvenir Menara Eiffel (Atas; Tianducheng Cina dan Bawah; Paris Prancis)

kemiripan bangunan ikonik di perancis dan cina

Bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata saja Paris Prancis juga terkenal dengan pengrajin yang kreatif.

Terbukti banyak souvenir yang laris dijual kepada para turis pada saat musim liburan namun dari kedua gambar terdapat gantungan kunci yang sama-sama berbentuk Menara Eiffel.

Namun untuk bahan gantungan kunci di Tianducheng Cina dibuat dengan bahan akrilik warna putih dan menjadikan souvenir cepat rusak.

Berbeda dengan souvenir di Negara Paris Prancis para pengrajin menggunakan bahan tembaga berwarna emas sehingga memberikan kesan mahal dan mewah.

Sumber :

boredpanda.com

travel.detik.com

uzone.id

architecturaldigest.com

tripadvisor.co.id

cerpen.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *