3D Trick ArtPortfolio

3D Trick Art Indonesia Cincin Api, Pemenang Utama Kategori Desain Trimatra di Galeri Nasional Indonesia

3d trick art panas bumi galeri nasional indonesia

Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah lembaga budaya negara yang gedung nya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran, dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara.

Gedung ini merupakan institusi milik pemerintah di bawah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kewajiban utama Galeri Nasional adalah melaksanakan pengkajian, pengumpulan, registrasi, perawatan, pengamanan, pameran, kemitraan, layanan edukasi dan publikasi karya seni rupa.

Fungsi utama dari gedung ini adalah melindungi, pengembangan, dan pemanfaatan aset kesenian (seni rupa) sebagai fasilitas pendidikan dan kebudayaan. Galeri Nasional beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

Aktivitas yang dimiliki gedung Galeri Nasional Indonesia beragam mulai dari pameran, preservasi, seminar keilmuan, diskusi ilmiah, pemutaran film, penampilan kesenian, festival, perlombaan dan lain sebagainya dengan tujuan pendidikan dan memperkenalkan budaya pada masyarakat luas.

Pada bulan Februari 2017 kemarin, Galeri Nasional menggelar ┬áLomba Desain Mural dengan tema besar “Potret Karakter Bangsa Indonesia” yang dibagi menjadi dua kategori yakni Dwimitra (Dua Dimensi) dan Trimitra (Tiga Dimensi).

Lomba Desain Mural ini terbuka untuk umum dalam arti bebas diikuti oleh siapapun dengan syarat setiap satu kelompok hanya terdiri dari 5 orang dengan usia antara 16 sampai 35 tahun.

Seleksi terbuka dilakukan pada tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2017 dengan beberapa peserta dari beberapa daerah di Indonesia yang mengikuti.

3D Trick Art dengan judul Indonesia Cincin Api menjadi pemenang utama dalam lomba desain mural dengan kategori desain mural trimirta atau tiga dimensi.

Desain ini merupakan hasil karya dari kelompok atau tim iMural yang berasal dari Jakarta. Desain mural dengan judul “Indonesia Cincin Api” dipilih karena Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali gunung baik pasif maupun yang masih aktif.

Kawasan Indonesia dikelilingi berbagai pegunungan dan termasuk ke dalam kawasan yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Melalui mural trimitra ini, tim iMural ingin memperkenalkan budaya Indonesia dari segi kekayaan alam atau keadaan alam Indonesia yang memiliki banyak pegunungan di beberapa daerah.

Desain yang dibuat yaitu berupa retakan tanah dengan cairan lava di dalamnya. Dengan angel atau sudut tertentu, mereka yang berfoto disini bisa berfoto seolah-olah hendak jatuh terjun ke dalam lava yang meletup-letup.

Share: