• WALL DECORATION MURAL

Tahap-tahap Membuat Mural dan Tips Untuk Menghasilkan Karya Mural Terbaik

Dalam menciptakan sebuah karya seni mural, tentunya ada beberapa cara membuat mural serta tahap-tahap membuat mural yang Anda ketahui agar menghasilkan karya seni mural yang baik.

Tidak hanya keahlian, tetapi teori mengenai bagaimana melukis mural yang baik juga penting untuk diketahui bagi para artis atau pelukis mural.

Bahkan untuk menghasilkan karya mural yang tidak mengecewakan, tentunya para pelukis harus tahu bahan-bahan apa saja yang baik untuk digunakan, seperti kuas, cat dan sebagainya.

Tahap-tahap Membuat Mural

tahap membuat mural

Sebelum langsung mengeksekusi media atau bidang yang hendak digarap untuk dijadikan mural, tentunya ada beberapa tahap yang mesti Anda ketahui dan laksanakan. Berikut ini beberapa tahap-tahap membuat mural.

Bagaimana Melukis Dinding Mural

Hal yang paling penting yang harus Anda miliki sebelum membuat lukisan mural dinding yaitu antusiasme. Dimana rasa antusias tersebut mampu memberikan energi saat Anda melukis.

Terutama bagi Anda yang melukis di area yang cukup luas dan memakan waktu yang cukup lama, tentunya membutuhkan energi dan stamina untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Jika Anda belum pernah melukis mural sebelumnya, tak usah panik. Rasa panik justru akan membuat lukisan dinding yang Anda hasilkan justru tidak optimal.

Bagaimana Mempersiapkan Permukaan Untuk Dinding Mural

cara membuat mural

Bersihkan dinding untuk menghilangkan debu dan lemak. Dan biarkan sampai mengering. Pertimbangkan untuk menerapkan cat pelapis atau primer sebelum Anda mulai untuk mendesain, terutama jika terdapat warna yang bervariasi pada dinding.

Bagaimana Cara Mendapatkan Desain Mural Pada Dinding

Cara termudah untuk mentransfer desain mural Anda ke dinding adalah dengan menggunakan metode grid. Dengan begitu Anda akan terlihat jauh lebih berpengalaman, Anda akan seperti menemukan sketsa desain Anda kurang detil pada dinding.

Sederhananya, untuk grid sebuah desain, Anda menggambar sebuah set dengan 1 atau 5 cm kotak pada desain asli Anda.

Kemudian grid pada dinding yang memiliki nomor yang sama dari kotak tetapi tentu saja ukuran mereka lebih besar. Gunakan kotak untuk mengarahkan Anda ketika Anda menggambar ulang desain pada dinding.

Cat Apa yang Digunakan untuk Mural Dinding

cat-cat terbaik untuk membuat mural

Jika bidang yang akan di mural berada diluar ruangan atau rentan terkena sinar matahai, tentunya cat yang Anda butuhkan adalah cat yang mampu bertahan dengan keadaan diluar, seperti sinar matahari, hujan dan sebagainya.

Saat membeli cat untuk gambar mural di luar ruangan, periksa terlebih dahulu lightfastless (UV) dari cat yang akan Anda gunakan.

Cat Akrilik merupakan salah satu pilihan cat dengan kualitas yang baik dan ideal untuk digunakan. Namun, untuk menggunakan cat akrilik sebagai cat untuk membuat seluruh mural tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Salah satu alternatif yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggunakan cat akrilik hanya untuk detail desain, sedangkan untuk area yang lebih luas, Anda bisa melapisinya dengan cat lain yang biasa digunakan untuk mengecat rumah.

Jika mural Anda dapat di akses oleh anak-anak kecil dengan jari lengket mereka yang tidak dapat terhindari, lindungi mural dengan lapisan akhir dari perlindungan pernis yang jernih, yang juga dapat dibersihkan dengan mudah.

tahap membuat mural

Tips Untuk Melukis Dinding Mural

  1. Ingatlah untuk mundur secara teratur untuk melihat muralnya tampak seperti apa jika dari kejauhan. Dinding mural harus “terlihat benar” apakah Anda meng-close up atau hanya memasuki ruangan kembali untuk mendapatkan beberapa perspektif dari apa yang sudah Anda lakukan.
  2. Gunakan kuas yang layak. Menggunakan kuas yang murah justru hanya akan membuat Anda bekerja jauh lebih keras dalam membuat mural.

Sumber: http://painting.about.com/od/stencillingdecorative/a/PaintWallMural.html

Telah di edit oleh : Mpit

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *