Keluar zona nyaman Sawyer Cloud menjadi freelance illustrator sangatlah tidak mudah, terlebih jika harus mengambil banyak resiko yang ada.

Tetapi bagi Sawyer Cloud, keluar dari zona nyaman bukan sekadar berhadapan dengan resiko yang ada atau merelakan semua pekerjaan lama sebagai guru, penjaga perpustakaan, dan video artist tapi bagaimana keputusan yang sudah diambil bisa bernilai.

Sawyer Cloud adalah gadis asal Madagaskar berumur 25 tahun yang memutuskan menjadi ­­full-time ilustrator. Sawyer sendiri kini menjadi freelance illustrator untuk perusahaan atau individual dari berbagai negara.

Perasaan takut memenuhi Sawyer Cloud untuk menjadi seorang illustrator full-time. Mengingat bahwa dari keluarganya belum ada yang bekerja sebagai illustrator entah freelance atau pun full-time.

Kini, setelah memutuskan menjadi full-time illustrator dan melewati rintangan-rintangan berat. Akhirnya Sawyer berhasil menerbitkan buku anak-anak dengan ilustrasi miliknya.

Sawyer Cloud mengaku menyukai ilustrasi sejak kecil, dia suka menggambar disaat melihat kertas kosong dan mengisi dengan pensil. Bahkan dirinya ingin sekali mempunyai perusahaan yang berjalan di bidang yang Sawyer cintai.

Kecintaan Sawyer pada illustrasi sekarang membuahkan hasil, terutama menghasilkan uang melalui kerja keras sendiri.

Bisa dilihat karya Sawyer yang penuh warna dan makna. Apalagi sangat cocok untuk buku anak-anak atau sebagai referensi illustrasi.

1. Kehidupan Sawyer Cloud Sebagai Full-time Illustrator

sawyer cloud

Kini sebagai full-time ilustrator Sawyer Cloud harus berurusan dengan deadline, urusan dengan klien, dan telefon dari keluarganya yang terus-menerus meminta uang untuk biaya perobatan ayahnya yang sakit.

Di sisi lain, Sawyer Cloud tetap menjalani drama hidupnya dengan santai. Keteguhan nya dalam mengejar mimpi untuk menjadi ilustrator yang membentang namanya di dunia tetap dilakukan dan bisa dilihat ilustrasi yang merefleksikan kehidupan rumit Sawyer Cloud saat ini.

2. Menghadapi Ketakutan

sawyer cloud

Namanya keluar zona nyaman pasti bertemu dengan hal yang ditakuti, itulah yang dirasakan oleh Sawyer Cloud. Ilustrasi ini menggambarkan Sawyer yang menghela nafas dalam dan memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman. Lagi-lagi, demi mengejar mimpinya.

3. Buku Anak-anak

Selain bekerja untuk klien, Sawyer mendapatkan kesempatan untuk menggambar ilustrasi buku anak-anak.

Karya Sawyer yang selalu penuh warna dan menggemaskan menarik perhatian literasi anak-anak.

Dengan itu Sawyer mendapatkan kesempatan untuk desain ilustrasi buku anak.

sawyer cloud

sawyer cloud

Lucu sekali bukan? Bernuansa laut layaknya kartun film Moana, ilustrasi ini indah dipandang dan sangat unik yang merupakan ciri khas Sawyer Cloud sendiri.

4. Pecinta Kaktus

Sawyer Cloud sendiri sangat menyukai kaktus. Sebagai pecinta kaktus, Sawyer membuat komik series melalui Webtoon pribadi Sawyer. Jika penasaran anda bisa melihat komik kaktus milik Sawyer di sini.

sawyer cloud

5. Karya-karya Sawyer

Selain menyukai menggambar dan benar-benar teguh dalam mengejar mimpinya. Sawyer Cloud juga menyukai membagikan karya-karya miliknya.

Inilah ilustrasi milik Sawyer yang ia post di Patreon pun di website Patreon Sawyer terdapat introducing video tentang dirinya yang membuat penggemarnya bisa mengenal Sawyer lebih dalam.

a. Makna Kehidupan

sawyer cloud

Sawyer suka sekali menggambarkan makna kehidupan miliknya melewati ilustrasi. Seperti ilustrasi ini secara tidak langsung Sawyer memberikan deskripsi ilustrasi ini dengan “Let it go… Let it be, That’s life.” yang menyatakan bahwa hidup jalani saja, santai tapi tetap fokus itulah kehidupan.

b. Tips Disaat Kehabisan Ide

sawyer cloud

Selain membagikan karya dan mengenalkan diri melalui internet, Sawyer juga memberikan tips dan perasaan para full-time illustrator.

Seperti di ilustrasi ini dia memberikan tips bagi para ilustrator yang stress karena sedang mencari uang tapi ide tidak ada.

Sawyer memberikan 4 cara bagaimana untuk mengembalikkan sekaligus mengembangkan ide untuk ilustrasi; Istirahat yang cukup, dikelilingi oleh orang baik, jangan menuntut diri untuk melakukan hal lebih, tersenyum lah dan biarkan semuanya terjadi.

c. Disaat Ditanya Tentang Finansial

sawyer cloud

Beginilah reaksi Sawyer disaat ditanya bagaimana finansial dari pekerjaannya. Terdiam mengingat uang datang saat ada projek.

Itulah cerita Sawyer Cloud sebagai ilustrator yang keluar dari zona nyaman dan melewati lika-liku rintangan yang tidak terhitung.

Sumber :

https://artistama.amafeed.com/from-employee-to-creative-entrepreneur-in-a-country-where-paypal-is-not-671534

https://www.patreon.com/SawyerCloud

https://sawyercloud.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *