• WALL DECORATION MURAL

peralatan melukis

Kenali Peralatan Melukis Ini Untuk Jadi Pelukis Profesional

Berikut ini kan dijabarkan berbagai peralatan melukis lengkap dengan penjelasannya. Bagi Anda yang baru belajar melukis, penjelasan ini wajib dibaca untuk menuntun Anda menjadi pelukis profesional.

Seni lukis merupakan salah satu cabang seni rupa yang banyak digeluti oleh masyarakat. Bisa dilihat berapa banyak pelukis di Indonesia dari mulai pelukis kondang hingga pelukis jalanan.

Nah, bagi Anda yang baru ingin terjun ke dalam dunia seni lukis, tentunya sebelum langsung praktek membuat lukisan Anda perlu tahu mengenai teori tentang seni lukis dan tentunya mengetahui peralatan apa saja yang digunakan dalam melukis.

Salah satu rahasia para pelukis profesional tentunya tidak hanya “berbakat” saja tapi mereka juga tentunya tahu bagaimana teknik melukis yang benar bahkan hal dasar yang paling penting bagi pelukis yaitu mengetahui berbagai kegunaan serta fungsi peralatan melukis.

Mengapa? Selain agar tidak salah penggunaan tentunya peralatan yang digunakan pun sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah lukisan.

Bagi Anda yang ingin belajar mengenai teori dasar seni lukis bisa lihat disini.

Peralatan Melukis

Banyak sekali peralatan melukis yang mesti Anda siapkan sebelum Anda mengeksekusi berbagai lukisan yang akan Anda buat. Bagi Anda yang masih awam dalam dunia seni melukis, tentunya Anda perlu tahu apa saja perlengkapan yang harus Anda siapkan.

Bahkan yang terpenting tentunya Anda harus mengetahui apa saja kegunaan dari setiap alat yang termasuk kedalam perlengkapan melukis Anda.

Karena setiap peralatan melukis tentunya memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. Contoh saja kuas/brush tentunya memiliki banyak jenis dan memiliki fungsi masing-masing.

Berikit ini iMural akan menjabarkan peralatan apa saja yang Anda butuhkan untuk melukis:

1. Peralatan Melukis-Kuas

Salah satu peralatan melukis yang mesti Anda siapkan tidak lain adalah kuas. Kuas merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menorehkan cat ke atas kanvas yang membentuk objek atau gambar yang hendak Anda lukis.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga seniman atau para pelukis yang memilih untuk tidak menggunakan kuas melainkan langsung menggunakan jari.

Tentunya untuk melukis tanpa menggunakan kuas ini merupakan salah satu teknik yang dipilih sesuai selera pelukis. Melukis tanpa menggunakan kuas ini biasanya menggunakan cat akrilik ataupun cat air yang langsung dikeluarkan dari tub nya sehingga tekstur nya pun jauh lebih kental.

Jenis-jenis kuas untuk melukis

jenis kuas untuk melukis

Kuas yang Anda pakai untuk melukis akan sangat berpengaruh terhadap lukisan yang nantinya Anda hasilkan. Namun sebelumnya, tahukah Anda bahwa kuas itu sendiri ada banyak macam dengan fungsinya yang berbeda-beda?

Kuas untuk melukis ini bisa dibagi menjadi beberapa kelompok menurut bentuk bulu kuasnya. Berikut ini beberapa jenis-jenis kuas untuk melukis:

Kuas lukis round

peralatan melukis

Round brush ini pada umumnya digunakan oleh para watercolorist. Hal ini dikarenakan oleh fleksibelitas dan agrodinamisnya.

Salah satu alat melukis dengan cat air yang menjadi favorit ini memiliki bentuk yang bulat. Sehingga, sangat memudahkan Anda dalam membuat garis tebal maupun tipis. Round brush ini juga cocok untuk digunakan saat melukis di media kanvas berukuran besar.

Peralatan melukis ini pun memiliki ukuran yang beraneka ragam. Saat menggambar objek ang kecil dan detail, Anda dapat memilih round brush yang memiliki diameter paling kecil.

Kuas lukis flat

peralatan melukis

Jenis kuas yang satu ini memiliki bentuk ferrule yang datar, lurus, dan umumnya sedikit pipih dan persegi. Namun, kadang ada juga yang memiliki bentuk persegi panjang.

Garis yang dihasilkan oleh flat brush ini sangat baik ketika Anda akan membuat kontur lurus. Alat melukis jenis ini umumnya digunakan untuk melukis area tepi, khususnya yang berukuran kecil. Dengan begitu, hasilnya tidak akan melebar seperti hasil dari round brush.

Hasil garis dari flat brush ini sangat baik ketika akan membuat kontur lurus. Jenis kuas lukis flat umumnya digunakan untuk melukis area tepi, khususnya yang berukuran kecil. Dengan begitu, hasilnya pun tidak akan melebar seperti round brush.

Peralatan melukis ini ternyata masih dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Bright brush

peralatan melukis

Kuas lukis ini hampir sama dengan flat brush pada umumnya, tapi bright brush agak sedikit melengkung ke dalam di ujung. Sehingga, berukuran sedikit lebih pendek.

Angel brush

peralatan melukis

Jenis kuas lukis flat ini berbentuk diagonal dan lebih mirip dengan round brush. Karena cukup fleksibel, bentuk kuas ini pun menjadi salah satu alat melukis dengan cat air yang sering dipakai. Bahkan jenis kuas yang satu ini banyak digunakan untuk hasil yang lebih tajam.

Filbert brush

peralatan melukis

Ini adalah jenis kuas lukis flat yang memiliki ferrule datar dan bentuk yang oval.

Kuas lukis fan

peralatan melukis

Kuas lukis jenis ini memiliki bentuk yang melebar menyerupai kipas. Fan brush biasa digunakan untuk membuat efek daun. Sebab, menggunakan jenis kuas ini akan lebih mudah membentuk daun dengan efek yang lebih nyata.

 

Kuas lukis MOP

jenis kuas untuk melukis

 

 

Kuas lukis jenis ini dibuat dari bulu domba atau bulu tupai. Sehingga, kuas jenis ini memiliki bulu yang halus. Biasa digunakan untuk melukis di area yang besar. Atau, bisa Anda gunakan untuk mewarnai dasar dari lukisan yang ingin Anda buat.

Kuas lukis rigger

peralatan melukis

Alat melukis yang memiliki ujung runcing ini bisa Anda gunakan untuk menggambar sesuatu yang membutuhkan detail tinggi. Karena, rigger brush akan membuat Anda memperoleh goresan garis yang tipis.

Baca Juga : Seni Lukis Mural

2. Peralatan Melukis-Cat

peralatan melukis

Selain kuas, alat perang bagi pelukis tentunya cat. Ya, tanpa cat tentunya Anda tidak akan bisa melukis kecuali jika Anda ingin menjadi pelukis pasir.

Cat untuk melukis tentunya memiliki banyak sekali jenisnya. Penggunaan jenis cat ini tentunya tidak hanya disesuaikan dengan selera dari pelukis nya sendiri tapi juga media yang dilukis menentukan cat apa yang harus digunakan.

Jenis-jenis cat untuk melukis

Berikut ini beberapa jenis cat untuk melukis yang perlu Anda ketahui:

Cat air

peralatan melukis

Seperti namanya, cat air merupakan cat yang berbahan dasar air atau menggunakan air sebagai bahan pegencernya. Cat air digunakan untuk melukis di atas kertas dengan bantuan kuas. Teknik yang biasa digunakan untuk melukis dengan cat air adalah teknik transparan.

Kelebihan yang dimiliki oleh cat air adalah lebih cepat mongering. Sehingga, pengerjaannya akan relatif lebih cepat.

Akan tetapi, karena menggunakan medium kertas, lukisan yang dihasilkan akan lebih mudah rusak atau robek jika tidak memiliki kehati-hatian yang tinggi.

Cat minyak

peralatan melukis

Cat minyak adalah peralatan melukis berupa cat yang berbasis minyak. Atau, menggunakan bahan pengencer berupa minyak. Cat minyak merupakan alat melukis yang paling sering digunakan oleh para profesional.

Keuntungan dari menggunakan cat minyak adalah warna yang dihasilkan lebih tajam dan tahan lama. Efek kilap yang dihasilkan juga memiliki keunikannya sendiri. Cat minyak bisa diunggulkan untuk lukisan bergaya naturalis dan realis.

Cat akrilik

peralatan melukis

Jenis cat yang satu ini merupakan cat yang juga berbasis air. Namun, teksturnya lebih pekat bila dibandingkan dengan cat air. Cat ini cocok untuk digunakan di medium kanvas, kayu, atau styrofoam.

Cat akrilik cenderung cepat mongering. Anda dapat menerapkan berbagai teknik melukis dengan cat ini, tetapi tidak disarankan untuk menggunakan teknik transparan.

Cat poster

peralatan melukis

Cat poster hampir sama dengan cat air. Berbahan dasar air, tetapi lebih pekat dari cat air (opaque). Cat ini biasa digunakan di medium kertas dan cenderung cepat mengering.

Cat tekstil

peralatan melukis

Selaras dengan namanya, cat tekstil biasa digunakan untuk melukis di medium kain atau tekstil. Cat ini sangat cocok untuk membuat sepatu lukis, melukis kaos, dan sebagainya. Cat ini pun menggunakan air sebagai bahan pengencernya. Dan, cenderung mudah untuk mengering.

Cat Semprot

peralatan melukis

Cat semprot atau spray ini atau biasa disebut dengan pilox merupakan salah satu jenis cat yang diaplikasikan dengan cara disemprotkan. Jenis cat yang satu ini biasanya digunakan untuk melukis dinding dengan membuat graffiti.

Namun tidak sedikit seniman dalam negeri maupun manca negara yang menggunakan cat semprot ini untuk membuat lukisan yang begitu menawan di atas media kanvas dengan teknik yang tidak biasa.

Baca Juga : Cat-cat terbaik untuk membuat mural

3. Peralatan Melukis-Palet

peralatan melukis

Alat melukis yang satu ini adalah tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke mediumnya. Palet yang bagus adalah palet yang bersifat licin. Karena, minyak tak dapat meresap ke dalamnya.

4. Peralatan Melukis-Easel

peralatan melukis

Apakah Anda masih merasa asing dengan nama ini? Namun, jika Anda sudah membaca penjelasannya, Anda pasti sudah tidak asing lagi. Karena, easel adalah papan untuk menjepit kanvas yang memiliki kaki dan berdiri agak miring.

Jenis-jenis media yang digunakan untuk melukis

Media ini merupakan hal yang penting dalam urusan melukis. Sebab, inilah yang akan menjadi ruang imajinasi Anda nantinya. Beberapa jenis media untuk melukis yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, antara lain:

Kertas

peralatan melukis

Kertas adalah media lukis yang memiliki daya serap yang tinggi. Tidak memiliki pori-pori dan sangat cocok untuk digunakan melukis dengan cat air. Ada beberapa ketebalan kertas yang bisa Anda pilih untuk melukis sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Namun, perlu perhatian khusus saat melukis dengan menggunakan media kertas dan cat air. Karena untuk mendapatkan warna yang cerah, biasanya cat air dilarutkan tidak terlalu kental.

Kanvas

peralatan melukis

Berbeda dengan kertas, kanvas merupakan media lukis berpori-pori yang telah ditutup dengan cat dasar berwarna putih. Media ini lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak. Karena, cat minyak membutuhkan ketebalan dalam pewarnaan.

Nah, demikian peralatan melukis yang Anda butuhkan untuk menghasilkan lukisan layaknya profesional. Namun, bagaimanapun lengkapnya alat yang Anda miliki, harus tetap diiringi dengan kemauan berlatih yang tinggi, ya!

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *