Milenial Vertikal Forest adalah proyek rancangan dari Vincent Callebaut yang terkenal sebagai Arsitek dengan karya biofilm dan biomikri-nya.

Dan juga proyek rancangan ini telah memenangkan suara public untuk kompetisi desain internasional yaitu “Imagine Anger”. Perusahaan yang dipimpin oleh Vincent Callebaut juga menduduki peringkat 50 diantara Green Planet Architects.

Proyek ini juga dibantu oleh kelompok Bouygues Immobilier untuk pengajuan proposal nya kepada hutan kota Perancis.

Alasan proyek ini dibuat adalah berfokus pada aspek ekologis serta menginteraksikan keanekaragaman hayati kedalam bangunan. Dan proyek rancangan ini juga dicapai dengan prinsip yang ada pada arsitektur Biophilic yang bisa dibayangkan sebagai lingkungan hidup yang unik.

Proyek hutan vertical ini menggabungkan elemen-elemen “pohon” dan “kultivasi”. Arboricole diberikan untuk nama bangunan dari proyek hutan Vertical Millennium ini. Bangunan Arboricole tersebut menghadap ke pemandangan pusat kota yang indah dan terletak di lokasi yang bersejarah.

Bangunan Arboricole

Arch2O-Vincent-Callebaut-Millennial-Vertical-Forest-Wins-International-Competition-14-5b447ee34400f__880

Diatas merupakan gambar bangunan Arboricole proyek hutan vertical milenial hasil karya Vincent Callebaut.

Nampak dilihat dari luar bangunan saja sudah penuh dengan pepohonan yang menggantung pada setiap lantainya di bangunan tersebut.

Tidak hanya itu terdapat pohon besar yang makin melengkapi kesan teduh pada bangunan tersebut jika dilihat dari segi bangunan terlihat mewah dengan pilihan warna putih.

Rooftop

Arch2O-Vincent-Callebaut-Millennial-Vertical-Forest-Wins-International-Competition-20-5b447f1bb281a__880

Bukan hanya indah pada bagian luar saja namun pada bagian dalam gedung juga terlihat sangat indah. Interior ruangan ditata secara demikian rupa yang memberikan kesan yang elegan di mata para pengunjung yang datang pada ruang yang disebut “Rooftop”.

Ruangan tersebut dirancang sebagai restoran,dengan panorama pemandangan hutan yang indah. Bangunan ini juga ternyata pernah dijadikan untuk aula konser “The Music Factory” yang dibawakan oleh “Anjou Factory,” seorang musisi local tempat konser berada pada lantai pertama bangunan ini.

Area Kantor

Arch2O-Vincent-Callebaut-Millennial-Vertical-Forest-Wins-International-Competition-19-5b447f02a93a4__880

Di salah satu sudut ruangan nya juga yang masih mengusung warna putih, cokelat dan hijau yang memberikan kesan hangat dan nyaman jika kita berada pada ruangan tersebut.

Ruangan yang bisa dijadikan tempat pertemuan oleh para pekerja jika mereka sudah merasa bosan melakukan pertemuan di area kantor dan ingin mencari suasana baru.

Jadi alasan mengapa ini disebut Hutan Vertikal “Milenial”? Alasan di balik nama-nama proyek adalah bahwa itu termasuk unit perumahan dalam bentuk hostel pemuda yang menargetkan usia milenium berusia 25-35 tahun.

Diciptakan sebagai tipologi baru untuk hunian perkotaan, Millenial Vertical Forest memberikan penghuni dengan rasa komunitas. Proyek ini mencakup layanan bisnis untuk kaum muda seperti “Bang”, yang merupakan inkubator bisnis di lantai dua yang menyediakan kantor-kantor yang dapat disewa dan millennial dengan lokakarya.

sumber : Boredpanda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *