Melukis dengan media kanvas, dinding, seng, batu, adalah hal yang sudah biasa. Bagaimana dengan melukis dengan media bulu? Mungkin Anda belum pernah melihat dan mendengarnya sebelumnya.

Krystle Missildine adalah salah satu seniman yang berhasil menciptakan karya seni lukis dengan media bulu. Seniman yang satu ini selalu jatuh cinta dengan karya seni, apalagi dengan seni yang ia ciptakan.

Lukisan bulu merupakan salah satu hal yang menjadi obsesi barunya. Banyak tantangan yang didapat saat membuat lukisan bulu, seperti membangun lapisan cat pada suatu permukaan bulu yang bersifat rapuh dan tentunya memiliki tingkat kesulitan.

Namun kesulitan tersebut justru menjadi daya tariknya dalam menekuni karya seni yang satu ini yakni lukisan bulu. Dengan bulu sebagai sebuah kanvas yang memiliki tekstur halus dan kecil, membuatnya harus memastikan sapuan kuasnya lembut dan tepat.

Dalam membuat karya seni ini, Krystle Missildine menggunakan cat akrilik dan kuas cat yang kecil, sedangkan semua bulu yang ia gunakan sebagai kanvas merupakan bulu asli hasil sumbangan dari mereka yang memiliki burung beo.

Selain hasil sumbangan, ia juga menggunakan bulu dari beberapa burung yang ia pelihara sendiri. Beberapa waktu terakhir ini, seniman yang satu ini sedang memfokuskan diri dengan salah satu seni yang ia geluti, agar ia mempunyai ciri khas dan nama untuk dirinya.

Ia memilih untuk mengkhususkan diri dalam membuat karya seni lukis, dimana karya seni ini menggunakan warna pensil dan arang dengan potret hewan peliharaan. Bahkan beberapa waktu ini banyak orang yang memesan lukisan bulu dan mendapat komisi dari pesanan tersebut.

Beberapa lukisan bulu karya Krystle Missildine bisa Anda lihat disini.

1. Acrylic paintings on macaw feathers

lukisan bulu

Lukisan pada media bulu ini sangat mengesankan, seperti empat bulu berikut dengan lukisan ikan seperti nampak dalam air, anjing, burung dan juga kucing.

Lukisan ini sangat indah, warna yang ditampilkan sangat detail, seperti melukis diatas kanvas. Bulu ini disulap menjadi hal yang indah dengan lukisan terbaik yang mengagumkan.

Tentunya perlu kesabaran dan teknik yang mumpuni untuk dapat menghasilkan karya seni lukis media bulu. Karena, bulu yang halus dan tidak stabil bisa menjadikan kegagalan dari sebuah karya seni ini.

2. Red Panda on a blue and gold macaw feather

lukisan bulu 1

Tidak melulu dengan media kanvas, lukisan dengan media bulu ini sangat keren. Seperti lukisan seekor panda dberbulu coklat yang menggemaskan.

Melukis di atas media bulu menjadi tampak hal yang berbeda dan lebih menarik, namun tak semua orang dapat melakukannya.

Lucu dan unik sangat mendominasi tema lukisan panda ini, yakni seekor panda menggemaskan berada dalam frame sebuah bulu dengan ukuran mini.

3. Working on a feather painting in progress

lukisan bulu 2

Dalam melukis pada media bulu, digunakan kuas dengan ukuran kecil. Tekniknya hampir sama, namun medianya saja yang berbeda butuh kehati-hatian agar cat tidak meluber ke area yang lain.

Tantangan dalam melukis di atas media bulu menjadikan ketertarikan tersendiri, dimana dalam setiap prosesnya harus benar-benar diperhatikan sampai menghasilkan gambar yang diinginkan.

4. Tiger on a wild turkey feather

lukisan bulu 3

Lukisan yang mengagumkan lainnya adalah lukisan macan. Dengan berbagai corak dari warna kulit macan membuat melukis di atas bulu semakin rumit.

Dalam hal ini hanya pelukis handal yang mampu melukis diatas media bulu yang kecil. Tak main-main hasil lukisannya mampu membuat orang kagum, karena nampak seperti tempelan pada bulu karena detailnya yang sempurna.

5. Silky the Cat on a wild turkey feather

lukisan bulu 4

yang harus dilakukan yang memudahkan siapapun pemiliknya menjaga dan merawatnya.

Kucing juga sangat menggemaskan sehingga banyak yang memfavoritkan binatang ini. Dalam hal seni, sebuah kucing telah dilukis pada sebuah media bulu.

Kucing berwarna cream dengan menggunakan kalung hitam sangat sempurna dilukis di atas media bulu.

6. Double Yellow Headed Amazon Parrot on an amazon parrot tail feather

lukisan bulu 5

Lukisan ini bertemakan burung beo amazon yang memiliki banyak warna pada bulunya. Detail bulu yang indah membuat lukisan pada media bulu semakin mengagumkan.

Tak hanya itu, warna kuning, merah dan hijau pada bulu memberikan nilai estetik yang tinggi. Burung beo amazon dilukiskan dengan detail yang sempurna, membuat nya sangat indah jika dipandang.

7. Rose on a blue and gold macaw feather

lukisan bulu 6

Bunga mawar merah adalah bunga yang identik dengan cinta dan kasih sayang. Setiap perempuan menyukai bunga mawar. Namun, mawar juga sering menjadi perumpamaan weorang wanita, meskipun indah butuh perjuangan untuk mendapatkannya karena dipenuhi duri.

Berbicara tentang bunga mawar, lukisan karya Krystle Missildine menampilkan bunga mawar yang segar yang terbentuk dalam tetesan air. Detail yang sangat apik, membuat lukisan di atas media bulu menunjukan nilai estetika yang tinggi.

8. European Robin on a blue and gold macaw feather

lukisan bulu 7

Krystle Missildine menghadirkan inovasi terbaru dengan teknik melukis di atas media bulu. Lukisan nya kali ini adalah bertemakan burung yakni jenis Europan Robin.

Dalam setiap lukisan nya hampir bertemakan potret hewan peliharaan, dengan detail yang sangat apik membaut setiap karya nya mengesankan.

Tak hanya lukisannya yang cantik, pemilihan media bulu yang halus dan rapuh membawa dunia seni ke level yang lebih tinggi. Dengan begitu kini sebuah bulu akan lebih bermakna karena lukisannya yang indah.

9. Clown fish and anemone on a blue and gold macaw feather

lukisan bulu 8

Seekor Ikan badut ini semakin dikenal karena serial film Nemo. Ikan kecil berukuran kurang lebih hanya sekitar 10 cm – 18 cm ini biasa hidup dan ditemukan di air laut.

Ikan badut yang lucu ini identik dengan belang warna putih dan kuning atau jingga sangat indah. Kini, ikan badut telah dilukis di atas media bulu. Dengan konsep adanya terumbu karang menampilkan kesan ikan sedang berada di dalam air.

Lukisan ini sangat indah, nampak tidak seperti adanya kesulitan karena hasilnya begitu detail dan sempurna.

10. Rainbow Lorikeet on a macaw feather

lukisan bulu 9

Burung lorikeet pelangi ini termasuk dalam jenis burung paruh bengkok. Banyak orang Indonesa yang meneybutnya kasturi pelagi atau nuri pelangi.

Karena bulunya yang berwarna warni seperti pelangi maka burung ini selalu diikuti dengan embel-embel pelangi. Burung ini sangat indah, siapapun yang melihatnya pasti ingin memilikinya untuk dirawat dan dijadikan peliharaan.

Namun, seniman Krystle Missildine mempersembahkan burung lorikeet ini pada media bulu, yang menjadikannya semakin indah dan mengagumkan.

11. Boston Terrier on a hyacinth macaw feather

lukisan bulu 10

Boston Terrier adalah jenis ras anjing yang beasal dari Amerika tepatnya dari Boston, maka ada pula julukan pada anjing ini yakni American Gentleman.

Awalnya anjing ini diperuntukkan sebgai anjing petarung, namun kini anjing ini menjadi binatang peliharaan yang manis dan menggemaskan.

Sebuah lukisan medai bulu menggambarkan bagian kepada dan wajah dari anjing ini, goresan lukisan sangat detail dan warna yang dipalikasikan tampak seperti hewan aslinya.

12. Boston Terrier on a military macaw feather

lukisan bulu 11

Masih dengan jenis anjing Boston Terrier yakni lukisan yang bertemakan binatang peliharaan ini dilukis di atas bulu. Meskipun demikian, lukisan ini menghasilkan nilai estetik yang tinggi, dari sebuah bulu yang tak terpakai menjadikannya lebih bernilai.

Tak hanya itu, lukisan yang dibuat pun sangat indah dan mengesankan. Detail warna dan bentuk yang pas membuat hasil lukisan nampak sesuai seperti aslinya, namun  ditampilkan dalam bentuk lukisan mini.

Karya-karya Krystle Missildine ini sungguh menginspirasi, bahwa pada media bulu yang halus dan rapuh sekalipun sebuah lukisan yang indah dapat tercipta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *