• WALL DECORATION MURAL

Jenis-jenis Kamera untuk Anda Calon Fotografer Profesional

Dalam dunia fotografi kamera merupakan salah satu senjata untuk menghasilkan gambar yang baik. Jenis-jenis kamera sangat beragam dan memiliki keunggulan masing-masing.

Bagi Anda yang ingin belajar mendalami bidang fotografi, untuk menjadi fotografer profesional tentunya Anda perlu tahu ilmu dasar fotografi serta mempelajari berbagai peralatan yang digunakan termasuk salah satunya kamera.

Kenali berbagai jenis-jenis kamera berikut ini lengkap dengan penjelasannya agar Anda tidak salah memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli dan Jenis Fotografi

Jenis-jenis Kamera

Bagi Anda calon fotografer profesional, berikut ini beberapa jenis-jenis kamera yang perlu Anda ketahui :

Compact digital

jenis-jenis kamera

Kamera yang satu ini merupakan kamera digital yang paling sederhana. Ukurannya tidak terlalu besar dan pas untuk di kantong. Sebab itulah, kamera jenis ini biasa disebut juga dengan kamera saku.

Compact digital banyak dipilih oleh mereka yang membutuhkan kamera untuk sekadar pengambilan gambar saja. Fitur yang dimiliki kamera ini bisa dibilang standar, pun tidak memiliki shoot mode dialer. Namun, kamera ini memiliki mobilitas yang tinggi.

Kamera saku cocok untuk digunakan pada acara-acara di dalam ruangan, acara luar ruangan yang tidak terlalu membutuhkan zoom, dan dokumentasi-dokumentasi standar.

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak ingin repot, compact digital bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bridge Camera (Prosumer)

jenis-jenis kamera

Jika dilihat dari bentuknya, bridge camera atau prosumer ini hanya sedikit lebih besar dari kamera saku. Prosumer sendiri merupakan akronim dari professional and consumer.

Kamera yang berjenis point and shoot ini memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan compact digital. Fitur yang membedakannya dengan kamera saku antara lain adalah pengaturan exposure dan ISO secara manual. Kemampuan zoom-nya pun lebih mumpuni ketimbang kamera saku.

Beberapa orang menggunakan kamera jenis ini untuk memulai belajar fotografi. Karena, prosumer dianggap lebih praktis dan fungsional saat digunakan jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Bisa dibilang, kamera prosumer ini merupakan penggabungan dari fleksibelitas kamera saku dengan kecanggihan fitur kamera DSLR. Walau, tetap saja, kemampuannya masih di bawah DSLR. Salah satu faktornya adalah ukuran sensor kamera ini yang lebih kecil dari kamera DSLR.

Baca juga : Teknik Fotografi Levitasi

Mirrorless Camera

jenis-jenis kamera

Sebagaimana namanya, kamera mirrorless ini memang tidak menggunakan cermin. Sama seperti halnya dengan yang dimiliki oleh kamera DSLR.

Dengan tidak adanya cermin ini, mirrorless camera bisa memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentunya lebih ringkas dibanding kamera DSLR. Namun, kemampuannya sudah dapat disetarakan dengan kamera DSLR level middle-end.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kamera ini adalah lensanya yang bisa dilepas, sama seperti kamera DSLR. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda di saat pengambilan gambar.

Selain itu, sensor yang dimiliki oleh kamera mirrorless pada umumnya berkategori 4/3. Sudah cukup mumpuni untuk mendekati kualitas hasil foto dari DSLR.

Digital Single Lens Reflex (DSLR) Camera

jenis-jenis kamera

Di antara jenis-jenis kamera yang ada saat ini, kamera DSLR inilah yang paling mumpuni.

Seperti pendahulunya di era analog, Digital Single Lens Reflex Camera ini juga memiliki banyak fitur yang berguna untuk bisa menghasilkan foto-foto yang menarik.

Kamera DSLR ini juga memiliki kategori-kategorinya sendiri, mulai dari entry level, semipro, sampai pro. Semakin tinggi levelnya, maka akan semakin canggih pula fitur yang dimilikinya. Pun, harganya yang semakin mahal.

Jika dibandingkan dengan kameran digital yang lainnya, kamera DSLR memiliki varian lensa yang paling banyak. Mulai dari yang bersudut lebar seperti lensa fisheye, hingga lensa zoom yang dapat mencapai lebih dari 500 mm.

Saat ini, bahkan, orang-orang bukan hanya menggunakan kamera ini untuk mengambil foto saja. Melainkan, sudah dapat dijadikan kamera video dengan kualitas gambar sekelas High Definition.

Jika Anda berniat untuk menjadi vlogger, Anda dapat menggunakan kamera ini untuk membuat video-video yang apik.

Boutique Camera

jenis-jenis kamera

Jika dilihat sekilas, kamera ini berukuran tidak lebih besar dari kamera saku. Namun, kamera ini tampak lebih stylish dan powerfull dari compact camera. Maka itu, rasanya tidak salah jika kamera ini memiliki embel-embel “boutique” di dalam namanya.

Meskipun bentuknya cukup ringkas, tapi kamera butik ini memiliki sensor full frame dengan kualitas yang tak perlu diragukan. Bahkan, bisa melebihi kemampuan dari kamera DSLR, lho.

Menurut Kai W, seorang fotografer dari Hongkong, kualitas kamera butik lebih bagus dari full frame DSLR seperti D3S, dan Butik APSC seperti X100 mengalahkan EOS7D dari segi image quality dengan bentuk yang compact.

Kekurangan dari kamera butik ini adalah dari segi harga. Ya, dengan kualitas yang demikian Anda pasti bisa menebak bahwa harganya akan melambung mahal.

Sebuah kamera butik seperti Leica M9 bekas saja bisa dijual dengan harga tak kurang dari 35 juta rupiah. Sementara, harga Leica M Monochrome baru bisa mencapai 71 juta rupiah. Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

Digital Rangefinder Camera

jenis-jenis kamera

Digital rangefinder camera adalah kamera pengintai yang dilengkapi dengan alat pengintai jarak jauh. Alat ini berfungsi untuk mengukur jarak subjek yang akan dibidik dengan cara menyesuaikan fokus lensa objektif kamera berdasarkan open-loop controller.

Mekanisme pengaturan jarak dan lensa dalam kamera ini dapat dilakukan secara bersama-sama ataupun tidak. Sebagian besar kamera mencapai fokus melalui analisis gambar yang diambil oleh lensa objektif dan estimasi jarak.

Digital Single Lens Translucent Camera (DSLT Camera)

jenis-jenis kamera

Kamera DSLT memiliki perbedaaan yang cukup mendasar jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Yaitu, dalam hal cermin yang digunakan. Dalam kamera DSLT, yang digunakan adalah cermin translucent tetap atau cermin transmisif atau cermin semi transparan.

Bagian kecil cahaya direfleksikan ke sensor autofokus, sementara bagian sinar cahaya yang lain melewati cermin translucent. Kamera Digital Single Lens Translucent ini mampu merekam 7 hingga 10 bingkai gambar per detik.

Medium Format Camera

jenis-jenis kamera

Keunggulan dari kamera medium format adalah ketajaman dalam menangkap detail objek yang dibidik. Di era digital, kelebihan yang tidak dimiliki DSLR itu tetap dilanjutkan.

Kamera medium format biasanya digunakan untuk kepentingan komersial dari sebuah produk. Karena, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang sangat detail.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak sembarang orang bisa memiliki kamera jenis ini. Anda pasti sudah dapat menebak alasannya. Ya, harganya masih sangat mahal.

Setara dengan kamera DSLR pro yang body only saja bisa lebih dari angka 50 juta rupiah.

Action Digital Camera

jenis-jenis kamera

Berbagai merek kamera seperti GoPro dan lain sebagainya menawarkan action digital camera yang tangguh, kecil, dan mudah dipasang pada helm, lengan, sepeda, dan lain-lain. Sebagian besar kamera jenis ini memiliki sudut lebar, fokus tetap, dan dapat mengambil gambar diam serta video dengan suara.

Action digital camera ini kini makin banyak diminati oleh masyarakat seiring dengan kebutuhan mereka untuk berbagi foto dan video di berbagai media sosial.

Para produsen menawarkan kamera jenis ini dengan harga bersaing dan tersedia dalam berbagai pilihan. Umumnya, kamera jenis ini dilengkapi dengan pelindung tahan air, berbagai aksesori, serta pemasangan yang sesuai.

360-degree Digital Camera

jenis-jenis kamera

Kamera digital 360 derajat dapat mengambil gambar atau video 360 derajat dengan menggunakan dua lensa back-to-back dan mengambil gambar pada saat yang bersamaan. Kamera digital 360 derajat dilengkapi dengan mode virtual reality, built-in stitching, Wifi, dan Bluetooth.

Kamera jenis ini juga dapat digunakan untuk kepentingan live streaming. Beberapa kamera jenis ini juga dapat berperan sebagai action camera.

Itulah dia beberapa jenis-jenis kamera dan penjelasannya. Mempelajari jenis-jenis kamera ini dapat memberikan beberapa manfaat untuk Anda, di antaranya adalah membuat Anda lebih mengetahui dan memahami berbagai jenis kamera dan fitur yang dimiliki beserta fungsinya dalam dunia fotografi.

Apakah Anda sudah menemukan kamera yang cocok untuk Anda?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *