Sebelum masuk ke dalam proses melukis, tentunya ada banyak ritual yang dilakukan untuk menghasilkan karya lukis dinding dalam setiap projek yang dikerjakan, yakni ilustrasi.

Ritual disini bukan hal-hal yang berbau mistis, melainkan kepada berbagai proses yang berjalan tahap demi tahap dalam pembuatan mural sesuai keinginan klien.

Berbeda dengan service mural pada umumnya, dimana proses yang dilakukan hanya sebatas persetujuan antar klien dan proses pembuatan mural.

Di IMURAL Anda akan melewati beberapa tahap sehingga tidak instan begitu saja. Namun, disinilah letak “nilai seni” dan profesionalisme nya.

Karena proses pembuatan dilakukan begitu detail, mulai dari merembukkan konsep sesuai keinginan klien, hingga proses ilustrasi.

Ilustrasi merupakan tahap yang sangat penting dimana konsep yang diinginkan direalisasikan dalam bentuk gambar ilustrasi sebelum diaplikasikan pada dinding atau media lain dalam bentuk lukisan.

Dari berbagai projek yang pernah IMURAL kerjakan, kali ini kami akan menceritakan bagaimana proses pembuatan ilustrasi dalam salah satu projek yakni Banainai.

Banainai, Menu dan Dekorasi Yang Begitu Manis

ilustrasi

Jika Anda mencari tempat yang menyuguhkan menu dessert, Banainai adalah tempat yang pas. Apalagi bagi pecinta buah, toping buahnya disini tidak main-main.

Di jaman yang modern dengan kaum milenial, menu yang nikmat saja tidak cukup untuk memuaskan para pelanggan. Dekorasi yang instagramable dan kekinian semakin dilirik bagi kaum milenial.

Banainai adalah kata campuran dari “Banana” dan “Nainai” (Bahasa Mandarin dari Nenek). Kata Banainai berarti; sebagai anak muda, kami percaya orang tua yang selalu mengingatkan kita untuk mengkonsumsi buah segar & sehat.

Dari namanya saja tentunya Anda tahu gambaran menu yang disuguhkan di Banainai.

Konsep Ilustrasi Mural Untuk Banainai

Seperti yang telah disebutkan di atas, menonjolkan menu saja tidak cukup. Untuk itu Banainai menambahkan mural sebagai dekorasi dinding yang kekinian.

Konsep desain mural yang dibuat disini ingin menggambarkan jenis usaha serta menu yang disajikan di tempat nongkrong yang satu ini.

Ilustrasi ini dibuat oleh dua tim kami yakni Siswanto dan Tri Yudhitya Putra, melalui goresan tangannya berhasil menjawab keinginan klien.

Untuk memberikan pilihan yang sesuai dengan keinginan klien, dibuatlah 2 (dua) opsi sehingga klien bisa memilih mana desain yang paling sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, akan kami jelaskan satu persatu opsi yang kami buat.

Baca Juga : Artis Ini Menciptakan Fun Ilustrasi Dengan Menggunakan Bayangan Benda

Opsi 1 (Pertama)

ilustrasi banainai

Sesuai dengan filosofi dari nama ” Banainai”, desain ilustrasi ini benar-benar menggambarkan seorang nenek yang menyuguhkan berbagai menu makanan.

Tidak hanya terlihat lezat dan menggoda dari penampilan tapi juga sehat. Dengan style urban berbentuk kartun, penyuguhan berbagai menu melalui gambar ilustrasi terlihat begitu menarik.

Bisa Anda lihat ilustrasi di atas, untuk opsi pertama background full berwarna cokelat dengan tekstur kayu dimana di atasnya bertebaran berbagai jenis varian makanan dan minuman khas yang dijual di Banainai.

Gambar berbagai menu baik makanan, minuman hingga buah dibuat secara acak dan tidak beraturan justru menciptakan proporsi bentuk dan warna yang begitu serasi.

Pemilihan warna yang digunakan begitu full color menyesuaikan warna aslinya namun tidak begitu mencolok dan cenderung ke pastel.

Dengan begitu penggunaan warna pada ilustrasi ini mampu menghidupkan ruangan saat diaplikasikan pada dinding dalam bentuk mural.

Warnanya yang condong ke arah pastel membuatnya terlihat cute dan manis.

Opsi 2 (dua)

ilustrasi banainai opsi dua

Jika Anda perhatikan kedua ilustrasi, baik yang opsi satu ataupun dua terlihat sekali perbedaannya. Perbedaan opsi pertama dan kedua terletak pada background.

Tepatnya pada pewarnaan background. Jika Anda lihat pada ilustrasi pertama warna background yang digunakan full cokelat dengan tekstur kayunya yang terlihat begitu natural.

Nah, untuk opsi yang kedua ini terdapat permainan warna pada bagian background. Pada bagian sudut background digunakan warna merah dengan bias warna dibagian ujungnya yang membentuk gradasi warna merah dari merah gelap hingga ke merah terang.

Penggunaan warna merah dibagian sudut background bertujuan agar bagian tengah menjadi point of interest saat pertama kali orang melihat gambar ini ketika sudah menjadi mural.

Bagian tengah sendiri menunjukkan brand daripada tempat yang akan diaplikasikan mural yakni “BANAINAI” dengan jenis font yang terlihat 3 dimensi.

Desain Ilustrasi Untuk Bidang Kedua

ilustrasi mural di banainai

Berbeda dengan ilustrasi sebelumnya, ilustrasi untuk bidang kedua ini menggunakan background hitam dengan dominan warna pink untuk objek lain di atasnya.

Perpaduan warna yang digunakan pada ilustrasi untuk mural di bidang kedua ini menciptakan nada warna yang indah dan eye catching.

Beberapa objek gambar yang penting seperti logo BANAINAI serta kalimat yang menjelaskan tentang Banainai nampak begitu jelas menjadi sebuah pesan yang mudah disampaikan kepada pengunjung melalui media visual.

Apa Sih Tema Dari Ilustrasi di Bidang Kedua Ini?

Dalam gambar yang ditampilkan masih bertemakan keceriaan yang dapat diberikan oleh Banainai. Dapat dilihat dari warna yang ditunjukan yakni warna putih, pink pastel dan kuning, yang mencerminkan keceriaan dan kesan hidup pada gambar.

Terlihat ilustrasi dari pelayan yang sedang mengantarkan pesanan minuman, selain itu ada pula anak perempuan dan laki-laki terlihat ekspresive dengan banyaknya ice ceram dan buah yang melimpah.

Tak lupa ikon dari Bananai yakni seorang “Nanai” yakni nenek sedang membuat adonan. Dalam gambar juga tercipta kesan ramai karena gambar dipenuhi oleh buah, ice cream dan cokelat.

Tulisan tipografi pun dipilih dengan warna dan jenis font yang lucu. Tipografi ini ditulis dalam bahasa Inggris, menampilkan pesan yang ingin disampaikan oleh Banainai.

Tulisan dalam bahasa Inggris tersebut yakni berisi asal mula kata Banainai. Pada bidang kiri tertulis asal pemberian nama Bananai dan penjelasannya, kemudian bidang sebelah kanan tertulis pula pesan untuk mengkonsumsi buah agar tubuh menjadi sehat.

Uniknya Ilustrasi Banainai Papan 1

ilustrasi banainai papan 1

Pada ilustrasi Bananai Papan 1 ini di dalam papan dilukiskan gambar  dengan tulisan kata BANAINAI dalam susunan buah dan ice cream. Kata BANANAI sendiri disusun dari berbagai buah diantaranya yakni buah jeruk, semangka, nanas, ice cram dan strawberry.

Selain itu ornamen buah pisang, eskrim dan es batu kotak kecil juga melengkapi gambar ini, sehingga membuat gambar terasa ramai. Ilustrasi ini pula memberikan kesan fresh dan membuat siapapun yang melihatnya tertarik.

“Fresh Healt Natural” Papan 2

ilustrasi banainai papan 2

Sedangkan  papan kedua, dipilihlah tipografi dengan font tulisan bersambung yang lembut. Sangat tepat jika memilih warna hijau untuk tulisan Dengan kalimat “Fresh, Health, Natural”.  Karena warna hijau sendiri mempunyai makna  sejuk, natural dan kedamaian.

Dengan background hitam, tampak ilustrasi gambar cokelat, ice cream dan buah ditampilkan dengan warna putih pudar, membuat orang yang melihat fokus dan tertuju pada tulisan yang hampir memenuhi bidang papan, membuat siapapun yang melihat mendapatkan kesan sejuk dan fresh.

“Happy Tummy, Happy Me” Papan 3

ilustasi banainai papan 3

Dengan konsep sama, papan ketiga ini menampilkan ornamen gambar buah, ice cream dan ice batu dengan warna putih yang pudar. Tujuannya membuat orang fokus pada gambar dan tidak bosan karena ada ornamen gambar pada background.

Dalam kalimat “Happy Tummy Happy Me” yang berarti perut sehat menyenangkan, yakni dengan memakan buah yang menyehatkan juga dapat membuat hati merasa senang dan fresh. Tulisan ini juga menggunakan font yang lembut, pemilihan warna oranye dan outline putih dianggap memberikan kesan keceriaan.

“Freshness and Paradise” Papan 4

ilustrasi banainai papan 4

Dalam papan berikutnya yang bertuliskan “Freshness and Paradise”, memberikan makna bahwa Banainai dapat memberikan sesuatu yang segar, baik itu buah yang segar atau pun es  krim yang menyegarkan.

Sedangkan kata paradise disini memberikan arti bahwa, Banainai merupakan tempat layaknya surga bagi pengunjung yang menginginkan sebuah kesegaran baik dalam buah, minuman dan ataupun ice cream yang disajikan.

Pemilihan warna ungu muda pun menjadi warna yang cute, yang membuat kesan Banainai semakin unik dan menarik di mata para pengunjung yang datang.

“Real Fruit Real Good” Papan 5

ilustrasi banainai papan5

Semua papan dengan background hitam ini mempunyai arti dan makna masing-masing pada setiap tipografinya. Kalimat “ Real Fruit Real Good” memberikan makna bahwa Banainai menyediakan menu yang berasal dari buah asli dan sangat berkualitas baik. Tentunya sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Pemilihan warna dalam tipografi ini adalah pink pastel dengan outline putih. Jika diperhatikan, pemilihan warna dalam font pun  berkonsepkan ceria, cute dan mencerminkan Banainai itu sendiri.

Ilustrasi banainai ini sangat lucu dan unik bukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *