• WALL DECORATION MURAL

desain rumah minimalis

Desain Rumah Minimalis Dengan Budget Ekonomis

Desain rumah minimalis dengan budget yang ekonomis merupakan solusi alternatif untuk mendapatkan rumah hunian yang layak. Tak jarang, mereka yang kreatif dapat mengeluarkan budget ekonomis dengan berbagai langkah inovatif untuk menghemat biaya dan bahan-bahan.

Rumah indah dan nyaman untuk ditempati keluarga adalah imipian setiap orang, selain itu suatu kebanggaan dan kebahagiaan ketika sudah berhasil memiliki rumah yang selama ini diidam-idamkan.

Untuk memiliki rumah impian tentunya tak sedikit budget yang dikeluarkan, bahkan orang rela mencicil rumah selama bertahun-tahun demi mendapatkan rumah impian.

Apalagi jika kita sendiri yang memberikan ide desain rumah dan ruangan tentu menjadi kepuasan tersendiri, agar rumah impian sesuai dengan gaya sendiri.

desain rumah minimalis

Dimana sekarang ini, gaya desain rumah minimalis menjadi salah satu konsep rumah yang menjadi gaya rumah yang banyak digemari masyarakat Indonesia saat ini.

Desainnya yang simpel dan sederhana menjadi salah satu alasan konsep desain rumah minimalis banyak diminati oleh berbagai kalangan. Maka tercipatlah rumah minimalis, karena hemat dalam penggunaan material dan lahan serta memiliki tampilan yang modern, dan hampir tidak ada bentuk rumit.

Dengan kata lain, setiap detail yang ada dalam desain rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu bagi bangunan itu sendiri yang menunjukan estetika dari setiap sudut ruangan.

Sehingga rumah dengan desain ini dibangun dengan budget yang cukup ekonomis dan menjauhkan dari kata boros baik dari penggunaan bahan dan material. Bagi Anda yang ingin mempunyai rumah dengan desain minimalis baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Rumah Minimalis

Sesuai dengan namanya, rumah minimalis merupakan rumah yang coba dibangun dengan jenis material dan bahan bangunan seminimal mungkin, tetapi tetap menghasilkan desain rumah yang nyaman dan menarik secara estetika.

Rumah dengan desain minimalis biasanya menampakkan kesan polos dan tidak ada terlalu banyak ornamen, kecuali ornamen tersebut memang memiliki fungsi tertentu bagi bangunan.

Dengan kata lain, setiap desain dalam rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu bagi bangunan itu sendiri, sehingga kita tidak khawatir akan pemakaian bahan yang berlebihan membuat kantong aman, namun rumah nyaman.

Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis sendiri biasanya memiliki ciri rumah sederhana dengan budget yang ekonomis namun tetap memiliki nilai keindahan sendiri dengan tata ruang yang luas.

Kemunculan desain rumah minimalis adalah sebagai mode pengaplikasian dari efisiensi pemakaian bahan bangunan serta berbagai furniture.

Bagi Anda yang mempunyai lahan sempit, rumah dengan desain  minimalis adalah pilihan yang sangat cocok untuk diaplikasikan.

Memang menata rumah di lahan yang sempit menjadi sebuah tantangan tersendiri, untuk dapat menciptakan desain rumah yang mampu mengakomodir kebutuhan dan fungsi ruang bagi penghuni rumah sebagai pelaku aktivitas dalam ruangan.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa desain minimalis dapat diaplikasikan dalam rumah dengan kondisi yang berbeda. Semua desain tergantung gaya dan keinginan si pemilik rumah.

desain rumah minimalis nampak depan

Selain itu, pilihan material yang dapat digunakan bermacam-macam. Untuk menciptakan desain dengan tampilan minimalis, beberapa material berikut dapat digunakan antara lain beton, batu bata (ekspose), cat, kayu, batu alam, kaca, baja, dan lain-lain.

Akan tetapi, dalam penggunaannya di lapangan, biasanya tidak semua material digunakan. Hanya satu atau dua jenis material yang digunakan sehingga nantinya desain rumah tidak terkesan ramai.

Biasanya material yang dipilih adalah material yang mempunyai lebih dari satu fungsi, misalnya kaca besar dipilih untuk membuat ruangan tampak lebih luas, cat dengan warna dasar dan tidak mencolok membuat terkesan simple dan santai.

Beberapa tahun belakangan ini rumah minimalis dengan berbagai tipe menjadi pilihan bagi sebagian orang, alasannya tentu karena harganya yang lebih murah atau memang berdasar pada karena keinginan orang tersebut untuk memiliki rumah dengan keindahan estetika dengan desain rumah minimalis.

Desain rumah minimalis memang bisa terlihat elegan layaknya rumah mewah jika didesain dengan tepat.

Baca Juga : Ilmu Arsitektur

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis

Berikut adalah hal-hal yang membuat desain rumah Anda lebih minimalis

Furnitur yang punya multifungsi

Dengan desain rumah minimalis semua dapat menjadi ekonomis. Begitu pun dalam mendekorasi ruangan, Anda dapat membuat ruangan terlihat rapih dengan furniture yang multi fungsi.

Misalnya meja utama di ruang TV minimalis bisa juga diganti dengan meja samping kecil, rak buku vertikal, hingga menggunakan kursi sofa yang berbahan keras sebagai tempat menaruh benda-benda penting saat menggunakan ruang TV minimalis.

Memperhatikan pencahayaan ruangan

Pencahayaan menjadi sangat penting dalam ruangan, dimana pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Desain rumah minimalis bisanya memanfaatkan cahaya matahari sehingga terlihat jendela yang besar dan lebar dimana cahaya membuat ruanganterasa lebih luas dan juga tidak suram bahkan sumpek.

Pisahkan area ruangan

Memang desain rumah dengan gaya minimalis sangat sulit memberikan sekat karena luas yang terbatas. Meskipun luas ruangan terbatas bukan berarti tidak ada solusi alternatif untuk pemberi sekat kepada setiap ruangan.

Agar terlihat rapi ruangan diberi sekat. Misalnya menggunakan material sifatnya semi permanen seperti lemari rak buku, meja atau tirai.

Gunakan furnitur sesuai dengan ukuran dan fungsi

Cerdas memilih funitur untuk rumah dengan gaya desain minimalis. Pemilihan furnitur minimalis harus didasari dengan pertimbangan ukuran dan fungsi. Seperti dalam pemilihan sofa, tidak dianjurkan memakai sofa dengan ukuran besar, kecuali itu hanya satu saja dan sudah diperhitungkan dengan luas ruangan.

Anda bisa memperimbangkan ottoman yang mempunyai banyak fungsi, selain tempat duduk, ottoman juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang ringkes.

Dinding sebagai dasar dekorasi

Sebagai dasar dekorasi rumah dengan gaya minimalis kita bebas berkreasi, namun mendekorasi tidak melulu harus dengan jam, foto lukisan dan sebagainya, alternatif lain yang dapat diterapkan dalam dekorasi yaitu dengan wallpaper dinding yang unik dan menarik sebagai pemanis ruangan.

Pilih pajangan dinding yang simple

Dinding menjadi alternatif untuk mendekorasi rumah dengan desain minimalis, pajangan seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan. Menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi.

Sebaliknya, menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan acak bisa menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Anda bebas menentukan susunan pajangan sesuai dengan keinginanmu karena keduanya sama-sama mempercantik dekorasi rumah minimalis.

Namun tetap harus memperhatikan kerapihan, tidak terlalu padat dan rapat.

Penataan ruang yang baik

Penataan sendiri identik dengan memadupadankan antara satu item dengan item lainnya, ini mengacu pada konsep rumah minimalis itu sendiri.

Misalnya dengan gaya green, ada satu atau tanaman disimpan di ruang tamu. Namun, Anda harus piawai dalam memilih jenis tanaman dan penataan tersebut, agar tidak mengganggu aktivitas dan tidak mengganggu.

Baca Juga : Lukisan Dinding Dengan Berbagai Tema Untuk Dekorasi Rumah

Jenis Desain Rumah Minimalis

Berikut adalah beberapa desain rumah minimalis yang dapat mengisnpirasi Anda :

Desain Rumah Minimalis dengan satu lantai

Desain Rumah Minimalis

Seperti yang telah dibahas, desain rumah minimalis rumah yang simple dan sederhana. Ini biasanya banyak dipilih oleh pasangan muda, dengan belum banyak anggota keluarga dan ruangan yang cukup adalah alasan utama. Namun tak jarang pula mereka memilih karena bugdet yang dikeluarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Desain Rumah minimalis dengan sat lantai biasanya terdiri dari dua ruang kamar tidur, satu ruang kamar mandi, ruang tamu dan dapur. Namun, desain rumah minimalis mempunyai komposisi ruangan yang berbeda tergantung dari kebutuhan.

Sekarang sudah banyak rumah dengan berbagai tipe yang di pasarkan oleh agen perumahan. Namun, jika Anda ingin membuat sendiri dengan desain Anda apa salahnya untuk mencoba.

Desain Rumah Minimalis Dua lantai

Desain Rumah Minimalis

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan rumah satu lantai. Rumah lantai dua dipilih karena kebutuhannya meningkat, seperti menjadi empat kamar tidur, dua ruang kamar di lantai satu dan dua lainnya diatas, ada ruang keluarga, dan kebutuhan lain yang terus meningkat.

Semua material tetap mengedepankan fungsi. Solusi dari luas tanah yang sempit pun sering kali dipilih oleh pemilik rumah minimalis dua lantai.

Desain Rumah Minimalis Konsep Terbuka

Desain Rumah Minimalis

Setelah menentukan keinginan membuat rumah desain minimalis adalah muncul beberapa konsep. Konsep ruang terbuka adalah salah satu ide desain yang dapat dijadikan inspirasi dalam rumah minimalis.

Ruang terbuka ini gambaran dari ruang-ruang yang berada diluar atau dengan tanpa atap yang tidak memiliki dinding. Seperti ruang makan dan atau dapur berada di bagian belakang rumah yang telah di desain untuk ruangan terbuka.

Desain Rumah Minimalis Konsep Garden

Desain Rumah Minimalis

Ya, seperti namanya rumah ini dibangun dengan konsep taman. Tentunya banyak warna hijau di rumah. Hal ini cocok bagi Anda yang menyukai udara sejuk dan tanaman.

Warna hijau sendiri memberikan ketenangan bagi si pemilik rumah, tak heran rumah dengan konsep ini banyak dipilih, apalagi di kota-kota besar alasannya taka lain mereka ingin membuat rumah sejuk dengan warna menenangkan dari tanaman.

Namun, pemilik rumah pun harus pintar dalam memilih tanaman. Jangan rampai rumah seperti tidak rapih dan tanaman tidak terawat, itu akan mengganggu keindahan rumah itu sendiri.

Atau Anda dapat memberikan halaman yang luas untuk rumput hijau sebagai alternatif jika tak mau banyak tanaman.

Desain Rumah Minimalis Konsep Atap Datar

Desain Rumah Minimalis

Faktor atap datar  memiliki tingkat kemiringan yang rendah, menjadikan lebih hemat dalam konsumsi bahan, sekaligus memberikan keuntungan teknis, dan kemudahan pemeliharaan. Hal itu membuat desain ini memberikan nilai ekonomis yang lebih.

Desain Rumah minimalis ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai planing panjang, namun masih meikirkan tentang bugdet. Karena desain ini bisa menyesuaikan budget tanpa terlihat janggal atau nanggung.

Misalnya, jika Anda ingin menjadikannya rumah dua lantai, atau sekadar menambahkan balkon atau loteng suatu saat.

Selain itu, rumah minimalis dengan atap datar juga dapat membuat Anda lebih mudah memanfaatkan bagian atas rumah. Dengan atap datar, Anda bisa memasang unit AC, kipas angin, dan panel surya dengan mudah.

Desain Kamar  Tidur Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Bagi setiap orang kamar tidur merupakan area privat yang digunakan sebagai tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Sesuai dengan fungsi tersebut, menciptakan sebuah ruang yang mampu memberikan efek psikologis damai, nyaman, menenangkan dan rileks menjadi keinginan setiap orang.

Nah, jika dulu gaya sebuah rumah identik dengan ruangan yang luas, berbeda dengan kini. Saat ini masyarakat cenderung lebih menyukai bangunan yang minimalis.

Namun, permasalahan umum yang sering terjadi adalah luas ruangan yang terbatas dan terasa sempit., termasuk kamar tidur. Namun, 90% kamar tidur yang memenuhi kriteria idaman menggunakan desain kamar tidur sederhana dengan fungsionalitas tinggi.

Jadi, desain kamar tidur sederhana yang membuatmu nyaman sama sekali tidak tergantung dengan luas ruangan.

Kamar tidur minimalis merupakan ide desain yang digunakan untuk menciptakan ruangan dengan desain minimalis. Minimalis di sini dapat diartikan sebagai sebuah desain yang tidak banyak menggunakan jenis material maupun unsur dekoratif di dalamnya.

Desain kamar tidur minimalis sangat cocok digunakan bagi mereka yang menginginkan kamar dengan suasana menenangkan dan tidak ramai. Kuncinya adalah dengan menata material yang ada, sehingga menciptakan ruang istirahat yang praktis dan cantik.

Baca Juga : 10 Mural Disney Untuk Dekorasi Kamar Anak

Hal yang membuat kamar tidur minimalis

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu dalam membuat kamar tidur minimalis, antara lain adalah sebagai berikut.

Luas kamar tidur

Nyatanya sempit atau luasnya ruangan akan mempengaruhi kenyamanan orang yang ada di dalam ruangan tersebut. Begitu pula dengan bagaimana menciptakan desain yang cocok dan tepat bagi ruangan.

Desain minimalis menjadi salah satu desain yang dapat diterapkan dengan fleksibel baik dalam ruangan luas maupun sempit. Untuk kamar minimalis, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan furniture dengan peletakan yang tepat.

Karena untuk kamar dengan ukuran luas, jika penempatan furniture nya tidak tepat, akan ada ruang yang tampak kosong dan janggal. Begitu pula ruangan di area yang sempit. Salah penempatan furniture akan mengakibatkan ruangan sesak dan terasa penuh.

Posisi tempat dan kamar tidur

Posisi kamar tidur pun tak kalah pentingnya, yang akan menjadi pusat dari setiap interior yang diletakan nantinya. Seperti apakah ada jendela, balkon, atau ingin view ke arah luar seperti taman atau semacamnya? Hal ini akan berpengaruh pada bagaimana desain kamar yang cocok.

Jika posisi rumah ada di area yang memungkinkan adanya bukaan keluar, maka akan menciptakan desain yang baik dan sehat karena cahaya dan udara dapat mengalir dengan baik, suasana menjadi lebih segar dan terang.

Fungsi Kamar Tidur

desain kamar minimalis

Perkirakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di kamar tidur. Apakah tempat tidur akan menjadi ruang belajar sekaligus atau hanya sekedar untuk tidur? Atau ada aktivitas lain yang akan dilakukan seperti membaca atau yang lainnya?

Furniture apa yang dapat mendukung kegiatan tersebut? Dengan mengetahui aktivitas didalamnya akan memudahkan untuk mempersiapkan furniture apa saja yang dibutuhkan dalam kamar.

Ini juga menjadi pertimbangan, apakah kira-kira luas ruangan memungkinkan sehingga tidak terlihat banyak barang yang membuat terlihat sempit.

Material, furniture, dan cat warna ruangan

Desain minimalis cenderung menghasilkan desain yang sesuai dengan fungsi ruangan. Ini akan berpengaruh pada pemilihan furniture di dalamnya.

Begitupun dengan pemilihan cat warna pada ruangan kamar tidur, biasanya warna-warna yang dipilih adalah warna tenang, seperti putih dan hijau.

Kebanyakan, desain kamar tidur minimalis menjadi solusi bagi keluarga-keluarga yang memiliki luas kamar tidur terbatas.

Karena dengan luas yang terbatas, pemaksimalan fungsi ruang dengan furniture yang sesuai dengan kebutuhan menjadi prioritas utama.

Selain itu, desain kamar tidur minimalis ini sangat cocok jika ingin menghemat biaya karena dalam desain minimalis tidak terlalu banyak menggunakan unsur dekoratif.

Baca Juga : Dekorasi Kamar Anak Dengan Mural Flowers

Jenis Kamar Tidur Minimalis

Bagi yang menyukai ketenangan dalam ruangan, desain kamar tidur minimalis juga dapat dijadikan pilihan terbaik. Berikut adalah kamar tidur minimalis yang dapat Anda jadikan inspirasi :

Kamar Tidur Minimalis dengan Furnitur Gabungan

Desain Rumah Minimalis

Ruang kamar yang minim, seringkali membuat sulit untuk meanruh barang-barang pribadi. Namun tak ada salahya jika Anda memilih ranjang dengan laci yang menyatu untuk menaruh barang pribadi.

Selain itu, rak buku di dinding-dinding dengan ukuran simetris, serta meja yang mini menjadi solusi lain untuk membuat kamar lebih minimalis.

Kamar Tidur Minimalis dengan Cermin

Desain Rumah Minimalis

Cermin adalah solusi lain, membuat ruangan yang sempit nampak luas begitu pula dengan kamar tidur. Anda bisa menciptakan ilusi kamar minimalis yang lebih luas dengan memanfaatkan cermin sebagai dekorasi .

Tentunya letak, dan penataan cermin harus tetap, agar mendapatkan kesan luas.

Kamar Tidur Minimalis dengan Pencahayaan

Desain Rumah Minimalis

Lagi, lagi tentang pencahayaan. Karena pencahayaan  yang baik merupakan salah satu aspek yang penting jika Anda ingin membuat kamar minimalis yang berukuran terbatas menjadi lebih menarik.

Jaga kamar tetap cerah dengan pencahayaan lampu, baik itu lampu gantung atau jendela besar. Selain dapat membuat kamar lebih minimalis, kamar pun akan lebih sejuk dan sirkulasi udara terjaga dengan baik.

Kamar Tidur Minimalis dengan Model Ranjang

Desain Rumah Minimalis

Anda dapat membuat ruang kamar tidur menjadi minimalis dengan memilih ranjang yang tepat. Ranjang sendiri berfungsi ketika ingin terlelap. Jadi Anda dapat memilih ranjang yang bisa disembunyikann atau dilipat ketika tidak digunakan.

Ranjang model ini sudah bayak dijual dengan berbagai harga dan jenis, sasarannya adalah mereka yang punya kamar sempit.

Kasur tersembunyi atau model tempat tidur lipat ini bisa dibuka ketika Anda ingin tidur atau dilipat disembunyikan ketika Anda ingin mengerjakan sesuatu di lantai.

Kamar dengan dinding sebagai tempat penyimpanan.

Desain Rumah Minimalis

Cara lain untuk membuat kamar minimalis terlihat cantik adalah dengan mempertimbangkan konstruksi rumah. Cara ini terdengar sulit karena harus menanamkan tempat penyimpanan ke dalam dinding. Meskipun sulit, cara ini akan memberikanmu kamar tidur yang lebih luas.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, sebaiknya rancangan rumah menyeluruh terlebih dahulu agar budget yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

Baca Juga : Dekorasi Kamar Anak Perempuan Dengan Warna Pastel

Desain Ruang Tamu Minimalis

ruang tamu minimalis

Ruang tamu adalah salah satu bagian interior rumah yang paling sering menjadi tempat untuk berinteraksi. Hampir setiap hari dikunjung kerabat, tetangga dan tamu kantor.

Ada rumah yang menggunakan ruang tamu sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Biasanya ini terjadi pada rumah sederhana dengan sebuah televisi sehingga ruang tamu memiliki fungsi sebagai ruang keluarga.

Apapun itu, intinya disini adalah perlu desain yang memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi penghuni rumah dan tamu yang akan berkunjung.

Sekarang ini kita lebih familiar dengan konsep minimalis, sudah menjadi sugesti bahwa konsep rumah dengan desain minimalis selalu menarik untuk ditiru.

Meskipun desain interior etnik atau tradisional juga bisa memberikan suasana yang nyaman. Namun desain minimalis lebih populer untuk diikuti.

Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan ruang tamu yang minimalis, yaitu :

Perhatikan Konsep

Maksudnya disini bukan konsep minimalis secara umum, tapi usahakan merencanakan konsep yang lebih spesifik misalnya tema monokrom.

Jika masih kesulitan menentukan tema maka mulailah dengan memilih sofa, karena sofa menjadi bagian utama untuk sebuah ruang tamu. Karena sofa dapat menjadi dasar terpilihnya furniture selanjutnya yang membuat senada dengan furniture lain.

Perhatikan Material

Konsep rumah minimalis sangat inovatif dan disukai banyak kalangan, ada banyak material yang digunakan untuk perabotan ruang tamu. Setiap material punya porsi masing-masing untuk mendukung visual yang menarik. Pastikan tidak banyak menggunakan jenis material yang berbeda.

Ini berhubungan dengan karakter yang ingin di visualisasikan. Konsep minimalis hanya akan terlihat menarik jika menggunakan material yang kompak. Pilihlah material yang nyaman dan hindari dari material yang sulit dibersihkan dan mempunyai fungsi yang kurang penting.

Perhatikan Warna

desain ruang tamu minimalis

Selain material, warna mampu memberikan karakter yang kuat pada tema yang akan kita terapkan. Ini bisa berawal dari warna sofa kemudian serasikan dengan warna karpet dan kemudian furnitur pendukung seperti storage, boffet atau lampu.

Pastikan menggunakan dua gradasi warna yang berbeda dan kontras. Seperti warna kayu sebagai warna dasar dan warna kontras seperti merah, hitam, putih atau kuning sebagai warna karakter.

Perhatikan Furnitur

Hindari penggunaan furnitur tidak berfungsi atau hanya sebagai pajangan. Ini sering kita temukan pada konsep klasik yang sering menempatkan ornamen dan pernak pernik tertentu hanya sebagai hiasan seperti barang-barang tembikar.

Sesuai dengan konsepnya, semua harus terlihat minimalis, ringkes dan rapi. Sebuah meja televisi misalnya yang juga difungsikan untuk penyimpanan. Sehingga konsep minimalis juga identik dengan kebersihan dan tata letak yang fungsional.

Baca Juga : Wallpaper 3D Pemandangan Alam, Solusi Bagi Anda Yang Mendambakan Nuansa Alam di Rumah

Jenis Ruang Tamu Minimalis

Jika Anda ingin menata ruang tamu minimalis berikut kami tampilkan berapa ruang tamu minimalis yang dapat Anda terapkan dirumah

Ruang Tamu Dengan Konsep Kaca

Desain Rumah Minimalis

Seperti namanya, ruang tamu ini dikelilingi oleh kaca-kaca besar didominasi pada sekeliling rumah. Membuat ruang tamu terlihat lebih luas dan banyak pencahayaan yang masuk.

Desain rumah minimalis dengan konsep kaca ini memang sudah banyak diterapkan. Apalagi bagi mereka yang mempunyai halaman dengan taman, ruang tamu ini diciptakan agar dapat melihat pemandangan di area taman di depan rumah.

Ruang tamu minimalis multi fungsi

Desain Rumah Minimalis

Rumah yang minimalis menuntut agar semua furnitur di dalam rumah mempunyai fungsi bahkan multifungsi. Reperti ruang tamu,  dalam satu ruang tamu minimalis biasanya akan diisi oleh satu meja, kursi tamu minimalis dengan tambahan televisi.

Furnitur multifungsi lainnya adalah meja ottoman yang dapat menyimpan barang-barang, sofa bed, dan atau meja lipat. Semua furnitur dimaksimalkan fungsinya agar tidak perlu menempatkan barang untuk penyimpanan.

Ruang Tamu dengan Konsep Monochrome

Desain Rumah Minimalis

Warna dasar adalah pilihan alternatif bagi rumah minimalis, agar terlihat bersih dan rapi warna putih sering dipilih. Namun selain warna putih sedikit warna hitam juga menjadi perpaduan yang bisa menciptakan kesan rumah minimalis modern yang elegan dan mewah.

Dengan furnitur meja bundar berwarna hitam dan kursi sofa berwarna putih krem, desain ruang tamu minimalis Anda akan tampak sederhana namun elegan.

Unsur monochrome ini bisa Anda aplikasikan pada tirai bermotif hitam putih. Lampu hias gantung dengan material tembaga yang dibalut warna hitam doff akan mempercantik desain ruang tamu minimalis.

Ruang Tamu Minimalis dengan konsep Modern

desain rumah minimalis

Dengan penataan Sliding door, kaca, dan furnitur kecil lainnya ruang tamu mi imalis Anda dapat terlihat modern loh.

Pilihan warna furnitur juga dibuat seminimalis mungkin dan tidak banyak motif, serta memakai pilihan warna senada dengan cat dinding.

Selain itu, penggunaan elemen kayu pada dinding atau pada lantai ruang tamu minimalis juga menjadi poin yang bisa membuat ruang tamu minimalis Anda lebih modern.

Desain Pagar Minimalis

Pagar rumah merupakan bagian dari eksterior rumah, tampak depan akan memberikan kesan keindahan dan keelokan pertama sebelum bagian rumah lainya. Pagar rumah juga harus mempunyai hubungan terkaitan antara pagar dengan rumah.

Jika rumah tersebut menggunakan konsep modern minimalis maka pagar pun harus sesuai dengan konsep. Penggunaan pagar minimalis dapat memperindah dan membuat nyaman.

Selain keindahan dan kenyaman, terdapat pula aspek keamanan yang tidak boleh luput dari perhatian Anda saat membangun sebuah rumah, perhatikan hal penting yang mampu meningkatkan keamanan rumah Anda seperti pagar, gaya desain pagar sangat beragam mulai dari pagar minimalis hingga pagar modern.

Dari segi arsitektur pagar ialah obyek pertama yang terlihat dari sebuah rumah, pagar juga memiliki fungsi utama untuk memberikan keamanan bagi Anda pemilik rumah serta juga sebagai pembatas lahan. Terdapat banyak jenis material yang digunakan untuk pagar rumah, seperti besi, beton atau kayu.

Untuk rumah bergaya minimalis yang saat ini sedang trend, pagar kayu ialah pilihan yang terbaik, karena mampu memberikan kesan sederhana dan natural. Namun sebenarnya banyak material yang dapat menjadi pilihan Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pagar minimalis

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjadikan pagar minimalis :

Perhatikan konsep rumah

Mengapa harus selalu memperhatikan konsep ? Karena rumah merupakan satu kesatuan konsep yang harus selaras sehingga indah untuk dilihat dan nyaman untuk ditempati.

Jika rumah bertema minimalis maka jenis dan model pagar yang digunakan adalah yang mampu menciptakan kesan sederhana tidak memakan banyak tempat, seperti besi dan kayu.

Bahan Pagar

Bentuk dan desain pagar rumah minimalis harus perhatikan bahan pembuatnya. Rata-rata pagar rumah terbuat dari bahan besi, namun ada juga pagar rumah yang terbuat dari bahan kayu.

Anda bisa memilih salah satu dan keduanya sangat sesuai untuk model rumah dengan desain minimalis. Selain sesuai, bahan-bahan yang digunakan pun cukup ekonomis.

Bentuk dan Ukuran

Anda harus sangat jeli dalam memperhitungkan bentuk dari rumah dan pagar sehingga tidak mengalami kesalahan. Maka dari itu, ukuran dari pagar harus sesuai dengan bentuk rumah dan ukurannya tidak  sangat besar dan sangat kecil, tidak pendek dan tidak terlalu tinggi.

Tinggi dan lebar pagar dapat mempengaruhi kesan pada rumah. Terlalu tinggi pagar dapat memberikan kesan tertutup pada si pemilik rumah, namun semua tergantung pada selera masing-masing.

Warna Pagar

Warna pagar juga dapat mempengaruhi keindahan rumah. Untuk membuat tambahan kesan pagar terlihat lebih menarik, maka kita dapat memberi sebuah tambahan warna yang cerah pada pagar rumah.

Pagar harus sangat diperhatikan untuk unsur warna dengan bentuk dan desain rumah, sehingga menciptakan model dan bentuk yang sangat selaras antara keduanya. Artinya warna harus sesuai dengan cat warna rumah itu sendiri.

Baca Juga : Mural Pagar Untuk Menghiasi Pekarangan Rumah Anda

Jenis Pagar Minimalis

Untuk Anda yang belum memutuskan desain pagar mana untuk rumah, berikut referensi pagar agar rumah terlihat minimalis dan mempunyai keindahan tersendiri.

Pagar Kayu Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Desain pagar kayu terlihat modern dan minimalis yang cocok dengan perumahan yang minimalis pula. Ditambah dengan ketinggian yang sesuai dapat mempercantkmrumah Anda.

Bahan yang tidak sulit dan bugdet minim dapat membuat rumah semakin terlihat mewah. Tergantung bagaimana cara Anda merawat kayu tersebut.

Pagar kayu ini juga lebih ditujukan pada nilai estetika dibanding untuk keamanan. Sehingga disarankan bagi Anda yang memntingkan keamanan untuk mempertimbangkan kembali.

Pagar Kayu dengan Motif  Besi

Desain Rumah Minimalis

Selain estetika yan tercipta, pagar ini juga dapat menunjukan proteksi dari luar, karena biasanya dirancang cukup tinggi.

Jika Anda tertarik akan pagar kayu namun khawatir akan keamanan, ini bisa menjadi solusi alternatif yang cukup agar menadapatkan pagar yang Anda inginkan.

Pagar Besi Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Pagar besi untuk rumah minimalis sekarang banyak dipilih karena dianggap lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, biaya pemasangan serta perawatannya juga cukup terjangkau.

Meskipun demikian, untuk pemasangan pagar harus diukur dan dilas dengan kuat, karena jika kurang perawatannya, pagar bisa cepat rusak. Beberapa tandanya seperti bekarat, keropos, sulit digerakkan, dan berbunyi berisik.

Pagar Baja Ringan

Desain Rumah Minimalis

Ternyata, baja ringan juga bisa diaplikasikan dalam pembuatan pagar rumah. Pagar dengan baja ringan merupakan solusi lain dari besi mudah berkarat.

Baja ringan masih sejenis bahan logam, tapi anti karat dan lebih ringan. Bahan logam yang satu ini mungkin banyak dikenal dalam pembuatan rangka atap rumah sebagai pengganti bahan kayu.

Meskipun lebih tahan lama dan tak mudah berkarat, bahan ini lebih mahal. Maka tak heran jika Anda harus menyiapkan budget yang sesuai.

Pagar Rumah dari Tanaman

Desain Rumah Minimalis

Sering kali kita lihat rumah dengan pagar dari tumbuhan, yang dibentuk dan kemudian dikreasikan menajdi pagar. Tumbuhan itu dapat di tanam di batas halaman rumah, lalu dirawat hingga besar dan lebat.

Ini merupakan aternatif terbaik bagi anda yang tak mau mengeluarkan budget yang besar namun punya pagar yang indah dan mudah dirawat.

Tanaman tersebut seperti, privets, cincin api, laurel, dan bambu. Semua taaman tersebut dapat berubah menjadi nilai estetika yang tinggi jika Anda mampu mengkreasikan nya.

Sumber referensi :

https://www.dekoruma.com/

https://www.arsitag.com

https://www.homify.co.id/

https://rumahminimalismedia.com

www.diminimalis.com

Share:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *