• WALL DECORATION MURAL

Desain Kantor Kreatif 2

Desain Kantor Berbagai Tema, Dari Sederhana Hingga Luar Biasa

Kantor, rasanya hal yang membosankan jika membahas tentang kantor. Ya, kantor adalah tempat rutinitas bagi orang-orang yang bekerja.

Begitu banyaknya pekerjaan terkadang membuat bosan, belum lagi pekerjaan yang menumpuk, mulai dari administrasi, manajemen, bahkan laporan-laporan yang membuat jenuh dan butuh pemikiran ekstra.

Saat ini produktivitas bekerja di kantor bisa dipengaruhi oleh tata ruang kantor yang dimiliki. Sehingga, kini sudah banyak yang menyadari bahwa pentingnya desain kantor demi membuat karyawan betah, bersemangat bahkan termotivasi untuk bekerja.

Didukung oleh para peneliti menyimpulkan bahwa perusahaan perlu menyediakan ruang yang berbeda agar sesuai dengan kedua mode pemikiran, jika mereka ingin mencapai potensi penuh mereka.

Maka, desain kantor hadir demi mengantisipasi kejenuhan dan meningkatkan produktivitas para karyawan.

desain kantor

Hal yang dipikirkan oleh pemilik perusahaan yang akan mendesain kantor adalah bagaimana caranya merancang tata letak agar mendorong karyawan agar efektif dalam bekerja.

Sebelum itu, Anda harus tahu betul jenis perusahaan apa yang akan Anda bentuk atau mungkin sekarang sudah terbentuk, siapa saja yang akan atau sedang berkerja di kantor Anda, dan fasilitas apa saja yang mungkin Anda bisa berikan.

Tidak hanya fokus kepada fungsinya, desain kantor akan lebih baik jika fokus juga pada tata letak dan dekorasi. Kantor yang biasa hanya terdiri dari deretan meja dan kursi dengan dinding polos, sekarang Anda harus berpikir membuat desain kantor yang ditata dengan apik dan dilengkapi dengan dekorasi yang cantik nan fungsional.

Kini, iMural akan membantu Anda yang sedang mencari referensi desain kantor, yang dapat diaplikasikan di kantor Anda. Yuk simak !

Baca Juga : 28 Ide Mural Kantor Yang Membuat Suasana Kerja Semakin Nyaman dan Asyik

Jenis-jenis Kantor

Sebelum Anda mendesain kantor, perlu Anda ketahui ada dua jenis kantor, diantaranya :

Kantor dengan ruangan tertutup

 

Desain Kantor

Seperti kantor-kantor pada umumnya, ruang kantor tertutup adalah tempat privat yang dibatasi oleh dinding pembatas. Tak lain adalah untuk menjaga konsentrasi setiap karyawan, sehingga dapat memaksimalkan produktivitas mereka.

Meskipun ruangan kantor ini dianggap membosankan, namun masih ada yang menggunakan jenis ruang kantor tertutup, ini khusus bagi orang-orang yang tidak menginginkan pekerjaan mereka tidak diganggu oleh siapapun.

Kantor ruangan tertutup memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan Desain Tata Ruang Tertutup

Beberapa kelebihan yang dapat Anda pertimbangkan jika memilih desain ruang tertutup.

Menjaga Privasi

Ruang tertutup membuat privasi karyawan lebih terjaga. Hal ini memfasilitasi karyawan untuk memiliki tempat dan area kerja mereka tersendiri di mana mereka bisa berpikir dan bekerja tanpa gangguan apapun.

Selain itu karyawan juga bisa menerima telepon atau mengerjakan proyek dan tugas penting tanpa diketahui orang banyak.

Kerja Bebas Gangguan

Terkadang karyawan ingin tidak ada suara gaduh atau bising yang memecahkan konsentrasi dan mengganggu.

Desain tata ruang tertutup menyediakan ruang kerja yang bebas gangguan untuk karyawan dimana mereka dapat bekerja tanpa terganggu oleh apapun.

Hal ini membuat karyawan dapat lebih fokus bekerja dan meningkatkan produktivitas.

Meningkatkan Kreativitas

Ruang yang privat membuat lingkungan yang damai dan tenang membuat karyawan dapat mengeksplorasi diri lebih baik karena fokus pada pekerjaan sehingga menimbulkan kreativitas lebih.

Maka, karyawan yang bekerja di departemen kreatif membutuhkan lingkungan kerja yang hening dan tenang sehingga mereka dapat fokus pada pekerjaan sehingga dapat memberikan hasil terbaik.

Hirarki Yang Jelas

Kantor tertutup sering menunjukan ruang-ruang khusus bagi psosisi dengan jabatan tertentu. Maka urutan jabatan atau hirarki di kantor akan terbaca dengan jelas.

Umumnya semakin tinggi posisi seseorang, maka akan semakin bagus dan khusus ruangan orang tersebut.

Persaingan Sehat

desain kantor

Ruangan kerja yang lebih bagus dan khusus membuat setiap karyawan bersaing dengan sehat untuk mendapat posisi atau jabatan tinggi agar bisa memiliki ruangan tersebut.

Mereka akan melakukan yang terbaik demi mempromosikan diri untuk naik jabatan menjadi posisi yang lebih baik.

Tidak Banyak Obrolan

Ruang tertutup membuat komunikasi yang jarang. Sehingga tidak banyak karyawan yang mengobrol dan bergosip. Mereka fokus pada pekerjaannya dan ingin cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa membuang waku dengan hal yang tak penting.

Lebih Aman Bagi Karyawan

Ruang tertutup bagus untuk pekerjaan yang bersifat rahasia. Ruangan tertutup atau cubicle pemisah akan membuat setiap karyawan merasa lebih aman dalam privasi mereka sendiri. Adanya dinding pembatas dari setiap ruang menjadi rasa aman yang lebih karena batas antara satu karyawan dengan karyawan lain.

Setiap Karyawan Bekerja Dengan Gaya Masing-Masing

Karyawan bebas berekspresi dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara dan gaya masing-masing.

Mereka juga bisa mengatur hal-hal yang mereka suka maupun tidak diruangannya sendiri. Cara ini mendorong karyawan mampu berkonsentrasi pada pekerjaannya dan memberikan hasil yang lebih baik.

Lingkungan Sehat Di Kantor

Tercipatanya lingkungan sehat di kantor, tidak ada perdebatan, gosip atau interaksi yang spesifik. Karena jauh berkurangnya gosip dan interaksi antar karyawan, maka lingkungan kantor menjadi formal dan tepat untuk bekerja.

Baca Juga : Mural Untuk Dekorasi Coworking Space

Kekurangan Desain Tata Ruang Tertutup

 

Desain Ruang Kantor

Berikut beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan jika memilih desain ruang tertutup.

Sulit Mengawasi Karyawan

Dengan ruangan pribadi setiap karyawan tentunya sulit mengawasi karywan satu persatu, dari ruangan ke ruangan. Membuat waktu dan tenaga yang dikeluarkan kurang efektif dan efisisen.

Kurangnya Komunikasi Antar Karyawan

Adanya kesenjangan komunikais anatar karyawan. Ini dikarenakan komunikasi antar karyawan dan rekan kerja akan sangat berkurang karena posisi tempat kerja yang berbeda dan ruangan yang berbeda. Karyawan bekerja di ruang mereka sendiri dan berkomunikasi satu sama lain hanya bila diperlukan.

Lebih Mahal Untuk Dibangun

Butuh biaya lebih untuk membangun tata ruang kantor tertutup. Dibutuhkan lebih banyak infrastruktur dibandingkan dengan tata ruang terbuka, termasuk biaya pembangunannya. Kuantitas bahan baku kayu, batu bata, peralatan dan fasilitas juga lebih banyak dibutuhkan.

Ada Kemungkinan Menurunnya Produktivitas Karyawan

Memungkinkan kinerja menurun dikarenakan kurang penangawasan dari atasan. Maka seringnya ruang privasi untuk karyawan terkadang disalahgunakan.

Hal ini bisa menyebabkan menurunnya kinerja dan produktivitas karyawan yang kemudian akan merugikan perusahaan. Ada kemungkinan mereka malas bekerja karena tahu tidak ada pengawasan secara langsung.

Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Penggunaan ruang kerja untuk seluruh karyawan secara terpisah mempengaruhi jumlah karyawan yang dipekerjakan. Dibandingkan dengan desain tata ruang terbuka, jenis ini membuat perusahaan hanya bisa mempekerjakan sedikit karyawan karena keterbatasan ruangan yang ada.

Karyawan Dapat Berperilaku Negatif

desain kantor tertutup

Terkadang, karyawan mengambil keuntungan dari konsep layout ini dengan berani melakukan perilaku negatif. Misalnya saja menggunakan peralatan atau fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, atau bahkan melakukan romansa di kantor. Hal ini dapat mengganggu lingkungan kerja di kantor dan karyawan lainnya.

Kemungkinan Tidak Adanya Alur Kerja

Konsep desain ini mengharuskan karyawan saling berkomunikasi dengan cara berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Ketika mereka sedang terburu-buru, terdapat kemungkinan karyawan meninggalkan arus kerja atau SOP tertentu sehingga mengganggu alur kerja yang sesungguhnya.

Kemungkinan Tidak Semua Karyawan Menerima Informasi

Karena setiap karyawan berada di ruang kerja masing-masing, maka terdapat kemungkinan ada informasi yang belum atau tidak diterima oleh beberapa karyawan.

Kurangnya Rasa Kesatuan Antar Karyawan

Mengingat tidak adanya komunikasi antara karyawan, maka tidak ada pula hubungan dekat dan persatuan diantara mereka. Ini merupakan kelemahan yang dapat memperlambat perkembangan perusahaan.

Tidak Adanya Faktor Emosional Antar Karyawan

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia membutuhkan dukungan moral untuk bisa mencapai tujuan mereka. Ada kecenderungan manusia untuk bergantung pada orang lain dalam beberapa alasan. Namun, faktor ini hilang karena kurangnya komunikasi antar karyawan.

Kantor Dengan Ruangan Terbuka

desain kantor

Tata ruang kantor terbuka atau open office layout yang sedang populer saat ini memberikan revolusi besar dalam desain ruang kantor. Yang sering kita tahu adalah ruang kantor terbuka ini memberikan keleluasan lebih bagi para karyawan untuk berinteraksi. Namun, apakah jenis ruang kantor ini dapat memaksimalkan perkerjaan ?

Ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan ruang kantor terbuka :

Kelebihan Desain Tata Ruang Kantor Terbuka

Dekorasi kantor dengan desain tata ruang kantor terbuka memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

Budget lebih ekonomis

Tentunya dengan ruangan terbuka berarti tidak ada perpisahan meja kerja antar karyawan. Ini membuat budget ekonomis. Dan juga dapat menampung lebih banyak orang di ruangan.

Pertukaran Ide Cepat

Jarak yang dekat antara karyawan membuat mereka lebih cepat dan mudah untuk saling bertukar pikiran sekaligus meningkatkan produktivitas. Konsep tata letak ini meningkatkan pertukaran ide dengan cara yang sangat mudah.

Pengawasan yang mudah

Desain ini juga dapat memudahkan manajer dan supervisor untuk mengawasi dan membimbing para karyawan dengan cara yang lebih efisien. Ya lagi-lagi karena jarak yang dekat semua lebih mudah.

Kini, manajer atau supervisor tidak harus berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk melakukan pengawasan atau meminta feedback dari karyawan. Pengawasan yang cepat kemudian membantu untuk mengatasi masalah dengan lebih cepat.

Meningkatkan Komunikasi

Sisi positif dari tidak adanya dinding antara karyawan adalah keleluasan berinteraksi komunikasi antar karyawan. Semua orang berada di tempat yang sama, tidak banyak waktu yang terbuang dalam berkomunikasi. Membuat efektif dan efisien.

Meningkatnya Hubungan Kerja

desain kantor ruang terbuka

Dengan jangkauan yang dekat membuat atasan dan karyawan labih dekat, dalam arti hubungan akan terjalin semakin baik.

Kemudian, keadaan ini secara langsung juga mengembangkan lingkungan kerja yang positif. Jika karyawan merasa senang, maka produktivitas mereka secara alami juga akan meningkat.

Pekerjaan Lebih Mudah dan Cepat Diselesaikan

Manajer akan lebih mudah memantau proyek sebuah tim yang sedang berjalan jika ruangan kantor didesain dengan konsep ini, karena memungkinkan untuk melacak perkembangan setiap anggota yang terlibat. Informasi dan masukan menjadi lebih mudah disalurkan satu sama lain.

Fasilitas dan Biaya Terkait dapat lebih ekonomis

Kantor yang sentral dapat memungkinkan berkurangnya fasilitas seperti AC dan biaya listrik, sehingga ikut juga menekan biaya yang harus dikeluarkan. AC yang dipasang secara sentral dapat mengurangi anggaran diabndingkan biaya AC pada setiap ruangan (desain tata ruang kantor tertutup).

Cahaya mudah masuk dan udara mudah beredar.

Karena ruangan kantor ini terbuka, maka ruangan akan terasa lebih luas dan juga udara yang masuk lebih mudah. Cahaya alami juga mudah masuk karena tidak ada ruangan yang disekat sekat oleh dinding pembatas. Membuat pikiran lebih jernih dengan adanya cahaya dan udara yang masuk.

Perubahan Interior Lebih Mudah Dilakukan

Perubahan akan terus terjadi mengikuti perkembanagn kantor. Interior pun terkadang mengalami sedikit perubahan apabila jika ada penambahan atau pengurangan karyawan.

Desain tata letak ruang kantor terbuka memudahkan untuk menambah atau bahkan mengurangi meja dan kursi

Baca Juga : Mural Hitam Putih Untuk Kantor

Kekurangan Desain Tata Ruang Kantor Terbuka

Desain Ruang Kantor

Selain menawarkan beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kekurangan dari desain tata ruang kantor terbuka. Apa saja kekurangannya, berikut ini beberapa kekurangan desain tata ruang kantor terbuka.

Menimbulkan suara gaduh

Berpusatnya banyak orang dalam satu tempat yang sama tanpa adanya pembatas bisa mengganggu orang lain. Seperti, suara orang mengobrol, telepon, alat ketik dan “polusi” suara lainnya terdengar jelas. Suara kegaduhan tersebut  akan mengganggu kenyamanan.

Membuat Konsentrasi Terganggu

Tidak adanya ruangan privat membuat konsentrasi karyawan terganggu. Apalagi karyawan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, mereka akan memecahkan fokus karyawan lain.

Hal ini kemudian secara langsung pun menurunkan produktivitas mereka terlebih pada orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam keadaan bising.

Kurangnya Keamanan

Akan mengurangi keamanan untuk pekerjaan yang bersifat rahasia. Karena, tidak ada privasi dan keamanan yang ketat dalam tata ruang kantor terbuka sehingga setiap karyawan harus menjaga dengan benar tugas dan barang mereka di meja masing-masing.

Tidak Ada Ruang Pribadi

Seperti namanya tata ruang kantor terbuka, ini tidak memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan percakapan pribadi yang bersifat rahasia. Karena semua orang akan mendengar percakapan Anda.

Solusinya, karyawan harus keluar ruangan dan mencari tempat tertutup, misalnya kamar mandi, untuk menelepon (pribadi).

Rawan Terjadi Perdebatan

Semakin banyak orang diruangan tersebut maka ssemakin banyak pendapat yang harus menjadi satu suara. Perdebatan akan sering terjadi,  seperti karyawan yang satu mungkin saja tidak setuju dengan pengaturan lampu, temperatur AC, pemilihan pewangi ruangan dan sebagainya. Hal ini sangat umum terjadi.

Hierarki antara senior dan junior hilang jika ruangan kantor didesain dengan konsep terbuka. Hal ini bisa menciptakan perasaan yang negatif bagi mereka sehingga menurunkan produktivitas.

Setelah Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan ruangan kantor, sekarang Anda dapat memutuskan jenis kantor mana yang cocok untuk kantor Anda. Untuk membantu desain yang cocok maka berikut adalah desain kantor dari berbagai referensi.

Desain-Desain Kantor

Berikut adalah deisn kantor yang dapat menginspirasi Anda:

Desain Kantor ala Kafe

Desain Kantor

Kafe sendiri saat ini bukan hanya tempat makan, tapi juga sudah menjadi pilihan untuk tempat meeting. Seiring perkembangannya, kafe  juga menjadi tempat yang banyak dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan.

Suasana santai di kantor didesain khusus dengan dimanjakannya karyawan agar dekat dengan sumber makanan yang akan membuat karyawan Anda betah berlama-lama di meja kerja.

Untuk pemanis Anda bisa menmbahkan mural atau wallpaper pada dinding “dapur” untuk menambah kesan artistik pada area kerja jenis ini. Membuat kantor Anda semakin terasa seperti kafe.

Ditunjang alat-alat perkantoran portable serta arus informasi yang dapat diakses di mana saja, bekerja di kantor ala kafe jadi satu hal yang makin mengasyikan.

Nah, gaya kafe ini bisa Anda terapkan di kantor Anda. Sehingga kantor tidak membosankan dan membuat nyaman bahkan nampak mengasyikan.

Desain Kantor Bernuansa Alam

Desain Kantor

Nuansa alam membuat hati tentram dan damai, pepohonan hijau dan langsung melihat suasana alam membuat Anda semakin betah berlama-lama di kantor.

Unsur kayu berupa balok dan batang kayu, kursi rotan, pepohonan, serta unsur air dimanfaatkan optimal agar desain kantor ini bernuansa alam dan dapat membawa kenyamanan serasa di rumah.

Desain Kantor

Lebih dekat ke alam adalah terapi gratis yang diberikan perusahaan agar para pekerja lembur dapat menenangkan pikiran dan bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Desain Kantor Modern

Desain Kantor

 

Anda  bisa membuat kantor modern dari tampilan eksterior dengan bergaya arsitektur modern futuristik, sebagai jati dirinya yang terus maju sesuai perkembangan jaman.

Dengan interior yang fleksible dan ada ruangan-ruangan yang tertutup ataupun terbuka, semua fasilitas kantor yang baik, dimulai dari tempat santai, ruang rapat yang terbuka dan juga tempat kerja yang semi terbuka.

Mix and match yang tepat membuat kantor ini sangat baik, membuat kantor bergaya modern ini sangat nyaman serta totalitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan karyawan.

Desain Kantor Minimalis

Desain Kantor

Seiring berjalannya waktu, harga tanah semakin naik. Ini berdampak pada pembangunan kantor. Tak jarang orang membangun kantor dengan luas tanah yang sempit.

Namun tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu piawai mendekorasi kantor Anda sehingga dapat tetap nyaman. Hampir sama seperti rumah minimalis, kantor ini tetap terlihat elegan dan cantik dengan dekorasinya.

Seperti kantor minimalis ini, dimana semua terlihat ringkas simple namun tetap rapih dan nyaman.

Desain Kantor Ala Rumahan

Desain Kantor

Anda bisa bayangkan jika suasana dikantor seperti suasana rumah, sangat menyenangkan bukan? Ya, kini tampilan kantor banyak yang sudah memikiran kenyamanan dan ketenangan tak jarang pemilik kantor membuat tema kantor ala rumah yang sengaja dipilih agar para karyawan betah berlama-lama dikantor.

Ciri desain ini adalah terdapat sofa-sofa rumahan yang digunakan untuk bekerja sambil santai. Sambil merelaksasi diri para karyawan bekerja, bahkan mereka menganggap kantor sekaligus seperti rumah mereka.

Desain Kantor

Sehingga tingkat loyalitas mereka terbentuk semakin tinggi dan mau bekerja dengan hati, yang membuat motivasi kerja dan produktivitas meningkat.

Desain Kantor Konsep Industrial

Desain Kantor

Konsep Industrial ini dengan sentuhan unfinished dan lampu yang menggantung dapat menjadi jurus ampuh untuk mendapatkan kesan khas gaya industrial.

Desain Kantor

Meja panjang, kursi tinggi, layaknya di bar akan membuat Anda lupa sedang berada di kantor. Komunikasi antar rekan kerja bisa lebih santai tanpa harus mengurangi produktifitas kerja.

Kreasikan desain dengan penggunaan dinding dan plafon ekspos yang menunjukkan material mentah yang merupakan salah satu ciri khasnya.

Desain Kantor Gaya Vintage

Desain Ruang Kantor

Jika Anda menyukai gaya klasik, desain kantor gaya vintage sangat tepat dimana gaya ini menghadirkan barang-barang dari era lama dan ketinggalan zaman yang diberi sentuhan modern.

Sungguh sangat indah jika ada barang antik di kantor Anda namun tidak kuno. Salah satu ciri gaya vintage adalah digunakannya furniture bergaya retro, contohnya seperti digunakannya kursi atau meja jengki.

Kursi jengki memiliki ciri khas dengan kaki mengerucut dan dibuat dengan kualitas kayu yang baik.

Kantor Anda akan terlihat keren dan membuat nyaman dengan nuansa vintage yang ada.

Desain Kantor Kaca

Desain Kantor

Seperti namanya, ruangan kantor ini dikelilingi kaca yang semakin membuat kantor terlihat elegan. Salah satunya yang dengan banyak digemari adalah dengan partisi kaca yang berfungsi sebagai penyekat atau pembatas ruangan satu dan lainnya di kantor, menggunakan material kaca.

Kelebihan penggunaan material kaca yaitu memberikan kesan view yang luas, terang karena cahaya bebas masuk, hemat energi, dan dinamis.

Anda bisa mengaplikasikannya di kantor, karena ini sangat indah dan terlihat mewah. Membuat Anda betah berlama-lama di kantor.

Desain Kantor Kreatif

Desain Kantor

Biasanya kantor ini dikhususkan bagi orang seni, namun tak jarang bagi perusahaan atau kantor yang bekerja yang menuntut kerja keras dan kreativitas tinggi pun memakai konsep ini.

Hal yang unik dan kreatif ini mencerminkan misi kantor agar terus selalu kreatif dalam setiap karyanya. Suasana kantorpun menciptakan budaya kantor itu sendiri.

Desain Kantor

Selain itu, kantor ini dibuat santai sehingga tidak ada tekanan kepada karyawan. Mereka dapat berkreasi secara maksimal dengan kebiasaan mereka masing-masing. Karena tempat yang nyaman membuat kreatifitas pun hadir.

Desain Kantor Tradisional

Desain Kantor

Jika kini banyak kantor yang mengusung kekinian, tapi desain kantor tradisional pun masih ada yang mengaplikasikan.

Dengan nama tradisional, barang dan arsitektur yang ada dikantorpun terlihat masih seperti zaman dulu yang khas. Gaya desain tradisional identik dengan furnitur kayu dengan ukiran yang mendominasi ruang.

Desain Kantor

Pemilihan lampu, meja dan pajangan ala tradisional merupakan elemen dekoratif yang juga mempertegas gaya ini. Selain membuat kantor terlihat tradisional, ini juga menampilkan karakter yang mencintai budaya loh, jika Anda suka dengan gaya ini bisa mencoba nya di kantor.

Desain Kantor Penuh Kenangan

Desain Kantor

Kenangan berhubungan dengan momen, dimana momen tersebut diabadikan dengan foto. Bisa jadi foto-foto tersebut adalah foto hasil kerja saat masih di kantor lama menghias dinding kantor baru.

Foto-foto ini diharapkan memberi semangat dan ide-ide baru dari kebanggaan akan keberhasilan di masa lalu untuk memicu kesuksesan yang akan datang. Ataupun foto-foto momentum kebersamaan dengan pegawai kantor lama.

Garis horizontal dan vertikal pada furnitur dan langit-langit sengaja dikondisikan untuk mengarahkan perspektif dari koridor. Pilihan bentuk dan warna geometri memperjelas pembagian ruang dan mengakomodasi aktivitas-aktivitas tertentu.

Desain Kantor Putih

Desain Kantor

Kantor ini didominasi oleh warna putih. Warna putih ini mampu memunculkan kesan modern dan segar. Dinding berwarna putih dipasangkan dengan lantai kayu, perabotan yang ada juga menggunakan warna putih yang senada.

Agar tidak membosankan, sebaiknya hadirkan aksesoris ruangan seperti lukisan dan potret yang berwarna.

Simpel, minimalis dan natural itulah yang diyakini mampu meningkatkan level semangat saat sedang bekerja.

Desain Kantor

Untuk memberikan dekorasi variasi pada ruangan, Anda bisa menggunakan material dengan warna yang senada untuk beberapa ruangan. Seperti contohnya, lantai dengan motif tumpuk pada ruangan karyawan dan lantai dengan motif lain di ruangan rapat.

Furnitur aksen kayu juga dapat menambah kesan natural pada desain ini.

Desain Kantor Mewah

Desain Kantor

Tak hanya sebagai tempat bekerja untuk karyawannya, kantor juga mencerminkan image dari perusahaan. Klien yang datang akan menilai dai sisi desain kantor Anda. Tentu Anda tak ingin klien lari karena tampilan kantor yang tak teratur dan tak nyaman bukan?

Kantor bukan lagi menjadi tempat formal dengan desain interior yang membosankan, sekarang dengan semakin berkembangnya desain interior di Indonesia, tentu saja kantor juga harus dibuat seindah dan senyaman mungkin.

Desain Kantor

Tampilannya begitu indah dan mewah dengan suasana yang rapi dan bersih. Tak hanya karyawan, klien Anda juga bisa puas menikmati nuansa kantor yang nyaman.

Ruang kantor harus sedapat mungkin menangani kebutuhan karyawan melalui desain tempat kerja yang cerdas untuk mendapatkan kinerja kreatif yang optimal, budaya perusahaan sama pentingnya.

Maka dari itu desain mewah dapat menggambarkan bahwa perusahaan ini memang memfasilitasi karyawan secara maksimal.

Dari sekian banyak desain kantor, manakah yang menurut Anda paling tepat untuk kantor Anda ?

Desain Ruang Meeting

Setiap kantor pasti mempunyai ruang meeting. Dimana ruang meeting dibutuhkan untuk memutuskan sesuatu yang bersifat penting dan bisanya menyeluruh. Tujuan lainnya dibentuk ruang meeting adalah untuk berkomunikasi, perencanaan, penetapan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pemberian motivasi.

Namun tahukah Anda ? Bahwa desain ruang meeting berpengaruh pada psikologis peserta meeting. Dimana suasana hati akan terbentuk dari kenyamanan sebuah ruang meeting.

Maka semua ruang meting didesain sesuai dengan kebutuhan, skala dan juga gaya yang berbeda. Desain ruang meeting harus diperhatikan agar meeting dapat berjalan dengan lancar dan ruangan dapat mendukung suasana meeting baik itu dengan bahasan serius ataupun santai.

Jenis-jenis Desain Ruang Meeting

Berikut adalah jenis desain ruang meeting, yang dapat menginspirasi Anda.

Desain Ruang Meeting Konferensi Natural

Desain Ruang Kantor

Ruang meeting ini biasa digunakan untuk sebuah meeting berskala direksi dan komite yang mengharuskan pembahasan yang cukup mendalam. Karena dilihat dengan meletakkan meja persegi panjang sebagai titik sentral, yang kemudian dikelilingi oleh kursi peserta meeting.

Maka, semua peserta yang meeting dapat saling berkomunikasi, dan saling bertukar pikiran dalam memberikan pendapat. Semakin besar ukuran meja pada sebuah ruang meeting, maka semakin sulit untuk berkomunikasi sesama anggota meeting.

Ruang meeting ini memberikan kesan natural karena memakai lantai berwarna coklat senada dengan kursi dan meja kayu. Jendela yang terbuka lebar sangat pas dengan jenis ruang meeting konferensi yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sehingga ruangan tidak sesak dan lebih terang karena cahaya.

Desain Ruang Meeting Dinning Chair Putih

Desain Ruang Kantor

Dibentuk dengan perpaduan putih dan lantai kayu, ruang meeting ini nampak sangat nyaman. Dengan dua tanaman hias pemanis di meja ruang meeting membuat suasana semakin natural.

Tak hanya itu, model kursi jenis dining chair  terlihat unik dan dibuat agar nampak lebih santai, membuat suasana tidak kaku. Sehingga,  ruang meeting ini membutuhkan komunikasi antara satu orang dengan yang lainnya.

Desain ruang meeting ini sangat cocok bagi sebuah tim perencanaan, dengan fasilitas white board yang ada, kemudian dilihat dari beberapa susunan kursi yang saling berdekatan dan meja yang tidak terlalu besar.

Desain Ruang Meeting Konferensi Kecil

Desaian Ruang Kantor

Dengan lantai yang unik terbentuk seperti sebuah anyaman. Warna cokelat membuat lantai nampak seperti  berbahan dari kayu atau bambu.

Dipadukan dengan model dinning chair berwarna abu-abu ruangan ini tampak nyaman. Pencahayaan yang masuk membuat ruang meeting ini terlihat lebih luas. Warna cat dinding putih yang memberikan kesan netral pada ruangan ini.

Ruangan ini hampir mirip seperti ruang untuk koferensi namun dalam skala kecil, dimana kursi yang ada hanya delapan.

Desain Ruang Meeting Arm Chair

Desain Ruang Kantor

Gaya ruang meeting ini disuguhkan dengan memperhatikan kenyamanan. Terlihat arm chair yang digunakan dilapisi dengan material yang empuk, meja konferensi memanjang dengan penopang yang unik membuat ruangan ini nampak elegan.

Pemilihan warna di ruang meeting ini lebih kuat. Sehingga menampilkan kesan tegas dalam ruangan. Ruangan ini dikhususkan untuk bahasan yang mencakup bahasan yang menyeluruh seperti sebuah kebijakan.

Jika Anda sedang memilih ruang untuk rapat dengan skala besar , maka ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Desain Ruang Meeting Banquet

Desain Ruang Kantor

Ruang meeting ini dibuat seperti untuk diskusi kelompok antar divisi bisa juga antar perusahaan. Dimana dibuat jarak antar satu meja dengan meja yang lain yang bertujuan untuk menjaga privasi, biasanya setiap meja berbeda.

Di Indonesia sendiri sangat jarang ditemu kantor dengan ruang rampat seperti ini, karena ruang yang dibutuhkan pun cukup luas. Dan kantor di Indoneisa biasanya menyewa hotel atau tempat khsusus untuk rapat jenis ini. Biasanya di ruangan seperti ini juga akan adanya presentasi dari orang penting dengan bahasan universal.

Namun, jika Anda membutuhkan ruangan jenis ini, mungkin ini dapat anda terapkan di kantor.

Desain Ruang Meeting Monochrome

Desain Ruang Kantor

Dengan ruangan meeting yang mampu mempengaruhi emosional, maka desain dengan warna netral dapat menjadi pilihan Anda.

Desain monochrome terlihat nyata dengan perpaduan warna putih dan hitam. Kaca yang lebar dengan aksen warna hitam, didukung dengan arm chair warana hitam.

Ruang meeting ini pun dikhususkan untuk banyak orang, terlihat dari meja besar dan kursi yang banyak tersedia. Maka agar tidak terlihat ruangan ini tidak membosankan karena banyak orang, maka jendela terbuka lebar.

Desain Ruang Meeting Industrial

Desain Ruang Kantor

Dinding bangunan yang dibuat menyerupai bangunan yang belum selesai, inilah yang membuat gaya ini seperti industrial. Dimana ciri khas industrial sendiri adalah adanya benda unfisihed.

Desain ruang meeting ini terlihat lebih industrial  lampu gantung yang sangat tepat, serta kursi unik yang terlihat sangat mendukung konsep industrial di ruang meeting ini.

Jika Anda menyukai desain dengan konsep industrial ruang meeting ini sangat pas.

Desain Ruang Meeting Simple

Desain Ruang Kantor

Jika Anda memiliki ruang kantor yang sempit, Anda bisa menggunakan desain ruang jenis ini. Dimana tampilan yang sangat simpel.

Ruang kantor yang dominan putih pun menambah kesan bersih dan minimalis. Dengan delapan kursi dinning chair dan dua meja putih yang dijadikan menjadi satu. Tidak terlalu memakan banyak tempat. Didukung dengan pencahayaan yang ada yang membantu ruangan tidak terlihat sempit.

Tak masalah, jika ruang meeting menyatu dengan ruang santai kantor, lainnya artinya ruang meting ini adalah ruangan hanya untuk diskusi. Tidak ada sekat diruangan ini membuktikan bahwa bahasannya ringan dan terbuka.

Desain Ruang Meeting Terbuka

Desain Ruang Kantor

Ruang meeting ini terlihat sangat luas, ditambah lagi dengan jendela terbuka dan langsung mengahadap pada pemandangan alam yang hijau. Pencahayaan yang masuk pun sangat banyak.

Ruangan ini sangat simpel, namun tetap indah dengan meja kayu dan kursinya, desain lampu gantung sentuhan konsep industrial. Membuat ruangan yang sederhana tetap mempunyai desain inerior yang indah.

Desain Ruang Meeting Minimalis

Desain Ruang Kantor

Jika tata letak ruang meeting Anda kekurangan pencahayaan maka solusi alternatif dalah gunakan warna cerah. Selain warna putih, warna biru laut pun nampak membuat ruangan mendapatkan kesan cerah.

Dengan ruangan yang sempit, tentunya pilih furnitur dengan multifungsi, seperti rak buku, meja dan kursi yang pas dapat mebuat ruangan tidak sempit. Tak lupa, untuk pemanis, Anda bisa memilih lampu gantung yang cantik.

Meskipun ruangan sempit, namun tetap memiliki dsain yang keren bukan ?

Desain Ruang Meeting Tema Pantai

Desain Ruang Kantor

Desain ruang meeting diambil selanjutnya adalah dari kantor google. Ini adalah ruang kantin google, suasana yang tercipta dengan tema pantai yang membuat suasana santai.

Didukung dengan properti yang ada seperti papan seluncur dan warna dinding biru serta lukisan dinding yang menampilkan layar dari sebuah kapal.

Desain meja yang menyerupai papan selancar pun semakin unik, tak kalah tempat duduk dengan model bar yang ada pun membuat suasana semakin asyik. Ruang ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat desain ruang meeting dengan bahasan ringan yang santai.

Jadi, desain mana yang cocok untuk kantor Anda ?

Sumber :

http://rahmah-daniar-n4hy.blogspot.co.id/

http://interiordesign.id/artikel

https://www.arsitag.com/

Share:

Comments

  1. Reply

    • By imural

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *